Batiqa Hotel and Apartments Karawang : Suasana Asri di Kawasan Industri

Pekerjaan dan liburan itu sebaiknya memang seimbang. Sibuknya bekerja jangan sampai kita abai terhadap diri sendiri dan keluarga. Perlu sesekali mengajak untuk berjalan atau libur bersama. Agar lebih segar pula pikiran kita dalam melanjutkan kerja.

Kalau susah mencari waktu yang tepat, kamu tetap bisa menyisipkan agenda keluarga di tengah padatnya kerja. Tentu akomodasi yang pas dan memadai diperlukan karenanya. Seperti akomodasi yang aku temukan di salah satu kawasan industri di Karawang, hotel berbintang yang asri meski berada di kawasan industri serta ramah terhadap anak dan keluarga.

Kawasan Industri Suryacipta. Foto : Suryacipta

Penasaran kan? Ikuti yuk staycation Hotelopedia kali ini di hotel pertama dari grup BATIQA Hotels, Batiqa Hotels and Apartments Karawang di Kawasan Industri Suryacipta.

Menuju Batiqa Hotels & Apartments Karawang

Akses ke Batiqa Hotel Karawang termasuk mudah. Dengan kendaraan pribadi, kamu tinggal keluar di Karawang Timur dan pilih jalan keluar menuju kawasan industri. Dari sana, sekitar 5 – 10 menit kita sudah sampai di Batiqa Hotel Karawang yang berada di gerbang Kawasan Industri Suryacipta.

Pertama kali mendengar kata Batiqa, aku langsung teringat akan batik. Iya, Batiqa Hotels memang menjadikan batik sebagai tema yang diusung oleh masing-masing hotelnya. Tentu motif batiknya akan menyesuaikan dengan daerah di mana Batiqa Hotel berada. Dengan rate terjangkau serta lokasi strategis, tidak heran kalau Batiqa Hotels sering menjadi pilihan akomodasi bagi para pebisnis dan pelancong.

Karena rate yang terjangkau itu pula, aku tidak menyangka kalau gedung Batiqa Hotel Karawang akan semegah dan sebesar ini. Boleh aku katakan, hotel termegah di Karawang Timur. Dari kejauhan pun sudah nampak terlihat.

Berada di kawasan industri Suryacipta, jangan bayangkan sama dengan kawasan industri yang terkesan gersang dan panas. Suasana hijau pepohonan yang asri sangat terasa. Begitu menyejukkan dan menyegarkan mata.

Ah tanpa perlu berlama-lama, segera masuk yuk ke Batiqa Hotel Karawang.

Sekilas Pandang Batiqa Hotel Karawang

Sejuknya pendingin ruangan langsung terasa saat aku memasuki lobby. Ditambah adanya welcome drink yang menyegarkan, membuat dahaga dan lelah terasa berangsur hilang. Apalagi senyum dan sapa ramah dari hotelier di Batiqa Hotel Karawang, selalu aku dapatkan. Kehangatan yang berkesan sangat bagi aku yang pertama kali menginap di Batiqa Hotel Karawang.

Di area lobby terdapat meja bilyard dan internet corner. Selain itu tentu terdapat beberapa sofa yang membuat aku nyaman untuk duduk menunggu giliran check in. Ternyata proses check in di Batiqa Hotel Karawang sangat mudah dan cepat, terlebih staf FO pun sigap, sehingga tidak perlu menunggu waktu lama kunci kamar sudah bisa aku dapatkan segera.

Maunya sih santai sejenak di lobby, tapi lebih baik ke kamar dulu yuk untuk meletakkan barang biar lebih leluasa keliling hotel dan sekitarnya.

Kamar

Tipe kamar di Batiqa Hotel Karawang termasuk unik menurutku. Ada tipe Superior (paling standar) dengan pilihan tempat tidur queen (satu tempat tidur) atau twin (dua tempat tidur ukuran single). Dengan luas 22 meter persegi, sudah termasuk luas untuk hotel sekelasnya. Memiliki fasilitas lengkap, sampai ada kulkas kecil tersedia. Untuk kamar mandinya pun bisa disediakan hair dryer (on request).

Di atas tipe Superior, ada kamar tipe Deluxe yang hanya tersedia 3 unit. Kamar tipe Deluxe ini memang lebih ditujukan untuk tamu yang memesan secara khusus / langsung ke Batiqa Hotel Karawang. Uniknya, interior kamar bisa disesuaikan dengan kehendak tamu. Kamar seluas 44 meter persegi ini pun terasa lapang tanpa ada sekat.

Tipe terakhir adalah tipe apartemen. Kali ini aku akan mencoba bermalam di tipe ini. Karena rate-nya terjangkau, tidak jauh berbeda dari rate Superior, tetapi fasilitas kamarnya super lengkap dan bikin betah. Hmm, penasaran kan pastinya? Oh iya, untuk kamar di Batiqa Hotel Karawang, tersedia kamar merokok dan kamar non smoking ya. Tergantung lantai yang kita pilih. Sehingga aroma rokok tidak akan mengganggu bagi kamu yang tidak merokok.

“Klik”

Begitu membuka pintu, aku langsung disambut ruangan mini kitchen dan living room. Terasa cocok banget nih untuk longstay atau menginap bersama keluarga. Kamar dengan luas 44 meter persegi ini terbagi ke tiga ruangan secara garis besar. Living room dan dapur di ruang pertama, tempat tidur King Koil (semua kamar di Batiqa Hotel Karawang menggunakan King Koil) di ruang kamar tidur, dan kamar mandi dengan bathtub dan shower di ruang kamar mandi.

Fasilitasnya sendiri sudah sangat lengkap. Ada TV 32 inch dengan puluhan channel, internet nirkabel, microwave, kulkas, sofa di living room, kursi dan meja kerja di kamar, dan fasilitas standar hotel berbintang lainnya. Awalnya aku kira, rate kamar tipe apartemen begini akan mahal nih. Soalnya kan seperti kamar tipe suite kalau di hotel lainnya, tapi ternyata rate di website mulai dari Rp700ribuan saja per malam.

Kamar mandinya bagaimana? Kalau di tipe Superior dan Deluxe hanya disediakan standing shower, maka di kamar tipe apartemen ini disediakan shower dan bathtub. Pas banget buat aku yang hobi berendam air hangat, apalagi untuk melepas lelah sehabis aktivitas kerja seharian. Amenities pun lengkap tersedia, termasuk hair dryer yang dapat disediakan bila kita memesan sebelumnya.

Terlalu nyaman dengan kamarnya Batiqa Hotel Karawang? Masih mau ikut keliling kan? Yuk jalan dulu, sambil melihat ada apa saja di Batiqa Hotel Karawang dan sekitarnya.

Aktivitas dan Fasilitas

Sebagai hotel yang sudah siap untuk memanjakan tamu-tamunya, di Batiqa Hotel Karawang tersedia beberapa fasilitas yang dapat digunakan gratis untuk tamu hotel. Seperti internet corner, bilyard, fitness center, dan swimming pool tentunya.

Berlokasi di area lobby, internet corner adalah fasilitas pertama yang aku lihat saat pertama kali masuk ke Batiqa Hotel Karawang. Tersedia beberapa unit PC yang dapat digunakan tamu untuk berselancar di dunia maya. Termasuk membaca referensi akomodasi di laman website hotelopedia.

Tepat di dekatnya, ada meja bilyard yang sudah siap sedia digunakan. Lumayan untuk mengisi waktu atau seru-seruan bareng teman dan pasangan. Atau sekadar foto ala-ala? Bisa juga kok. Internet corner dan meja bilyard ini dapat digunakan kapan pun.

Masih di area lobby, ada fitness center yang dibuka dari pukul 08.00 sampai 22.00. Peralatan gym yang tersedia, sangat lengkap. Mau sekadar olahraga ringan di treadmill atau mengangkat dumbbell, sampai menjalani program membentuk badan bisa banget dilakukan. Tentu fasilitas ini gratis untuk tamu, dan bagi bukan tamu bisa memakainya dengan menjadi member. Cukup Rp300.000 untuk keanggotaan sebulan.

Nah yang satu ini fasilitas yang dicari banget, yakni kolam renang. Wohoo, pasti suka banget nih anak-anak kalau diajak ke Batiqa Hotel Karawang. Adanya fasilitas swimming pool memang selalu menjadi nilai tambah bagi hotel. Bagi para pebisnis, berenang bisa menjadi aktivitas penyegaran mereka. Bagi keluarga, tentu berenang adalah salah satu aktivitas liburan yang menyenangkan! Kalau untuk tamu hotel, fasilitas ini bebas digunakan dari pukul 08.00 sampai 23.00. Sementara, untuk bukan tamu hotel, bisa menjadi member fitness center tadi agar bisa memakai kolam renang Batiqa Hotel Karawang ini.

Fasilitas lainnya? Di Batiqa Hotel Karawang disediakan sepeda yang dapat digunakan tamu untuk berkeliling sekitar area Kawasan Industri Suryacipta. Jangan salah mengira, kawasan industri yang satu ini dikenal sebagai kawasan yang hijau dan asri. Bersepeda atau lari pagi sembari memanjakan mata melihat hijau pepohonan tentu aktivitas menyenangkan bukan?

Atau ingin berjalan-jalan? Tidak jauh dari Batiqa Hotel Karawang ada Taman Hutan Kertas yang dikelola oleh warga setempat. Berlokasi tidak jauh dari gerbang tol, kawasan ini sukses menjadi salah satu spot foto instagramable baru yang ngehits di Karawang. Dengan membayar Rp10.000 saja per orang, kita sudah bisa berfoto sepuasnya. Menurut aku sih, lumayan worth it nih di sini.

Asyik jalan-jalan, mulai lapar dan ingin mencari makan? Mengapa tidak makan di Batiqa Hotel Karawang yang ternyata punya banyak sajian kuliner menggoyang lidah.

FRESQA Bistro

Kulineran di hotel! Itu banget yang aku rasakan sewaktu stay di Batiqa Hotel Karawang. Tidak hanya sajian khas nusantara, menu mediteranian, western, sampai menu asia timur pun dapat disajikan dengan baik dan menggoda. Tentu karena tamu-tamu di Batiqa Hotel Karawang ini memang berdatangan dari pelbagai benua dan negara, sehingga chef di Batiqa Hotel Karawang akan menyajikan menu-menu yang dapat memuaskan tamunya.

Dari segi rasa, sajian dari Chef Arif dan Chef David di Batiqa Hotel Karawang tidak perlu diragukan lagi. Kesemuanya memanjakan lidah dan mata. Salah satunya aneka menu khas Mediteranian yang menjadi santapan makan siang. Dengan harga menu yang masih termasuk bersahabat, tentu bila dibandingkan dengan kepuasan rasa yang didapat.

Untuk menu makan malam, aku memilih aneka sajian khas nusantara dan makanan khas Asia. Terbukti FRESQA Bistro ini ternyata memang bisa banget menyajikan menu-menu dari pelbagai negara. Ada nasi goreng rendang yang paduan rasanya terasa mantap. Ada pula ikan salmon yang diolah hingga renyah di luar tapi lembut di dalam.

Kalau untuk dessert atau cemilan? FRESQA Bistro pun menyajikan aneka cake dan pastry yang bisa dipesan. Seperti Chocolate Dome Cake yang satu ini, begitu dibelah cokelatnya seperti meleleh. Belum lagi aroma cokelatnya, benar-benar menggugah selera.

Untuk sarapannya sendiri, FRESQA Bistro menyajikan aneka menu sarapan khas Indonesia dan Barat. Pilihan menunya cukup lengkap. Satu yang paling aku rekomendasikan, Kungpow Chicken yang dagingnya juicy. Pun nasi goreng yang tersaji, masih terasa bumbunya. Menyajikan kepuasan tersendiri di sarapan pagi.

Butuh kesegaran secangkir kopi? Pesan segera di FRESQA Bistro. Maka tidak lama barista akan meracik kopi segar sesuai pilihan kita. Mau americano atau espresso, sampai latte dan cappuccino bisa disajikan segera.

Untuk segi kulineran, FRESQA Bistro aku kasih acungan jempol berulang kali. Tidak hanya memberikan tempat yang nyaman, tetapi turut menyajikan aneka rasa dengan istimewa.

Atau kamu penasaran dengan menu-menu yang ada di FRESQA Bistro? Aku kasih lihat bocorannya ya.

Jadinya …

Tidak salah kalau Batiqa Hotel Karawang dikatakan sebagai hotel terbaik di Karawang Timur. Dengan bangunan yang nampak megah, pelayanan hangat seperti bintang lima, ditambah aneka menu yang tersaji membuat aku jatuh hati dengan hotel yang satu ini.

Berada di kawasan industri ternyata tidak menjadikan Batiqa Hotel Karawang terasa gersang. Karena Kawasan Industri Suryacipta memang terasa asri karena banyak diisi oleh hijau pepohonan. Bahkan Suryacipta begitu memperhatikan isu lingkungan, sehingga memiliki pengolahan limbah yang ramah dan menjadi sumbangsih positif bagi lingkungan sekitar kawasan industri.

Sebagai hotel pertama dari grup BATIQA Hotels, Batiqa Hotel Karawang sukses menjadi pilot project yang terbukti melahirkan hotel-hotel Batiqa di kota lainnya. Pengalaman aku menginap di Batiqa Hotel Karawang pun sukses membuat aku penasaran untuk mencoba, bagaimana kah kenyamanan dan pengalaman menginap di Batiqa Hotel lainnya? Rasanya bisa menjadi alternatif saat membutuhkan akomodasi bermalam.

Jadi kalau ke Karawang, kapan mau mencoba Batiqa Hotel Karawang?

Batiqa Hotel and Apartments Karawang

Suryacipta City of Industry
Jln. Surya Utama C-1 Karawang 41363

T : +62 21 300 50400
E : reservation.karawang@batiqa.com

IG : @batiqakarawang

Leave a Reply

Your email address will not be published.

%d bloggers like this: