Liburan ke Anyer? Bukan Sekadar Main ke Pantai

Enam tahun menjadi anak pantai, rasanya kangen juga untuk bermain di pantai. Menikmati deburan ombak, di pasir pantai yang landai, memanjakan mata dengan menikmati indahnya matahari terbenam.

Kalau di Jakarta ada beberapa pilihan pantai yang menarik sih, tapi mengapa gak sekalian ke Anyer saja? Anyer sudah dikenal sejak lama dengan wisata pantainya kan? Apalagi ternyata saat ini di Anyer, ada banyak pilihan wisata lain yang bisa kita nikmati.

Hmm, aman gak? Aman kok! Anyer itu tidak terkena dampak langsung dari bencana tsunami yang terjadi Desember 2018 lalu. Bahkan saat ini, Anyer sudah semakin siap menjadi pilihan wisata turis lokal atau mancanegara. Di dekat Anyer pun ada pilihan wisata menarik selain ke pantai! Ada apa saja sih?

Makanya, ayo ke Anyer!

Menuju Anyer

Ada beberapa pilihan kendaraan untuk menuju Anyer. Kalau kendaraan pribadi, tentu paling mudah jika lewat tol Tangerang – Merak dan keluar di Cilegon Timur. Dari sana ikuti jalan lingkar hingga tembus ke dekat kawasan Anyer. Total waktu tempuh perjalanan dari Jakarta bisa 2 jam jika kondisi lalu lintas lancar.

Kalau kendaraan umum? Bisa naik bus menuju Merak dari Kp. Rambutan/Bekasi/Kalideres/Jatibening/Slipi/Kebon Jeruk. Ongkosnya sekitar Rp23.000 – Rp30.000 sekali jalan. Turun di terminal bayangan Cilegon Timur, naik angkutan umum warna ungu yang menuju pusat kota Cilegon. Tarifnya sekitar Rp4.000-Rp5.000. Dari pusat kota Cilegon, tinggal naik angkutan umum berwarna silver menuju Anyer. Waktu tempuh dari Jakarta relatif lama, sekitar 3 – 4 jam jika kondisi lancar.

Opsi ke Anyer memang semakin menarik, utamanya akhir-akhir ini, saat jalan tol ke arah Cikampek dan Bandung semakin macet tidak terkendali. Mau liburan, malah bisa bikin capek hati. Mending liburan ke Anyer, ada pantai dan banyak hal lain yang bisa kita jelajahi.

Wisata di Anyer

Wisata di Anyer? Pasti pantai dong! Kamu benar sih, tapi saat ini banyak banget pilihan wisata di Anyer dan sekitarnya yang bisa kita lakukan. Ada apa saja sih?

Desa Wisata Cikolelet

Mempunyai lahan yang luas dengan panorama yang indah, tentu Kabupaten Serang mempunyai banyak potensi wisata yang bisa digali. Salah satunya Desa Cikolelet yang sudah mendapat predikat sebagai desa wisata. Memiliki lokasi yang dekat dari garis pantai di Anyer, menjadikan Desa Wisata Cikolelet mempunyai lokasi mudah dijangkau. Ditunjang keindahan alam dan budaya masyarakat yang menarik untuk dijelajahi, Desa Wisata Cikolelet ini menarik untuk dikunjungi.

Setidaknya ada empat destinasi wisata alam di Desa Wisata Cikolelet. Ada Gunung Pilar, Puncak Cibaja, Curug Kembar, dan Curug Lawang. Keindahan alamnya membuat keempat destinasi wisata ini kerap ramai saat musim liburan.

Keindahan Puncak Cibaja (@infoserang)

Di dekat Anyer ada beginian sekarang 😍 (@agussatriadi0)

Selain wisata alam, Desa Wisata Cikolelet pun mengembangkan ekonomi kreatif yang memberdayakan sumber daya sekitar. Ada penyulingan minyak sereh wangi, peternakan kambing etawa, hingga pabrik tahu yang cukup hidup. Luar biasanya, pasar dari minyak sereh wangi sudah merambah ke mancanegara. Susu kambing etawa dan tahu dari Desa Cikolelet pun sudah dijual bebas di pasar-pasar besar terdekat. Jika berminat, kita bisa meminta untuk dipandu melihat pelbagai proses di sumber ekonomi kreatif Desa Wisata Cikolelet ini.

Terakhir, tentu ada kesenian budaya yang bisa kita eksplor. Mulai dari debus yang merupakan kesenian khas Banten, tradisi nukuh, ngagurah dano, dan banyak kesenian lainnya. Indonesia memang negara yang kaya akan kesenian dan budaya, mengingat negeri ini merupakan kesatuan dari ribuan suku yang berbeda. Kekayaan yang membuatku bangga menjadi anak nusantara.

Wisata Kuliner

Berada di kawasan pantai, tentu amat disayangkan kalau tidak menikmati aneka kuliner khas laut. Kali ini aku mencoba untuk menikmati aneka ikan bakar di Pondok Ikan Bakar BM. Lokasinya berada di dekat Sol Elite Marbella, salah satu hotel mewah di kawasan Anyer.

Di sini memang paling pas untuk makan bersama keluarga atau teman-teman. Duduk lesehan di saung kecil yang nyaman, sembari menikmati ikan bakar, cumi, udang, atau sup kepala ikan. Hmm asyik dan menggoda nih. Apalagi kalau sekalian menikmati kelapa muda yang segar, langsung dari buah kelapanya.

Kalau ke Anyer, seperti wajib ke Pondok Ikan Bakar BM

Pondok Ikan Bakar BM ini memang tempat makan favoritku sejak dulu kalau ke Anyer. Dengan harga yang masih masuk di akal, bukan harga nembak yang suka jadi viral, tentu wajar saja Pondok Ikan Bakar BM menjadi pilihan bagi para wisatawan.

Wisata Alam dan Religi

Daerah Banten tentu kita kenal dengan nilai religi yang sangat kental. Termasuk di kawasan Anyer dan Kabupaten Serang, terdapat beberapa sekolah keislaman atau pesantren yang sudah menjadi ikon dari Anyer atau Serang itu sendiri.

Loh, ngapain ke pesantren? Bisa kok untuk berwisata alam. Salah satunya ke Nurul Fikri Boarding School Serang yang memiliki luas puluhan hektar. Sekolah yang mendapatkan predikat Sekolah Adiwiyata Nasional 2013 ini memang dikenal dengan panorama dan kekayaan sumber daya alamnya.

Indahnya Nurul Fikri Boarding School yang mendapat predikat Sekolah Adiwiyata Nasional 2013

Hijau pepohonan yang sejuk dan rindang ditambah danau-danau buatan, menjadikan Nurul Fikri Boarding School Serang cocok untuk aneka kegiatan alam. Dengan fasilitas yang memadai, wajar saja kalau di sini kerap menjadi venue pelatihan maupun acara perkemahan. Eh iya, di Nurul Fikri Boarding School pun ada sekolahnya untuk SMP dan SMA.

Akomodasi di Anyer

Sebagai salah satu destinasi wisata, yang beberapa tahun ini sedang digenjot pertumbuhannya oleh pemerintah, tentu di Anyer mempunyai banyak pilihan akomodasi untuk bermalam. Kalau kamu tujuannya liburan bersama, baik dengan keluarga atau rombongan, aku ada nih satu rekomendasi yang tepat.

Seperti liburan kali ini, aku memilih menginap di The Jayakarta Villas Beach Resort, Boutique Suites & Spa – Anyer. Atau yang lebih mudah jika kita menyebutnya Jayakarta Anyer saja ya.

Berlokasi di tepi pantai yang landai, tentu keunggulan pertama dari resort yang satu ini adalah pantainya. Karena landai dan tidak ada karang, aku tidak perlu khawatir kaki akan terluka saat berlari di pantai atau berenang. Pantainya sendiri menawarkan banyak atraksi kegiatan menarik, seperti banana boat dan perahu donat misalnya. Atau ingin surfing? Memacu adrenalin dengan jetski? Bisa juga kok. Jadi banyak pilihan kegiatan menyenangkan di pantai yang bisa kita coba.

Atau ingin sekadar bersantai menikmati matahari terbenam yang romantis? Duh syahdunya.

Kamar Jayakarta Anyer

Untuk kamarnya sendiri, secara garis besar terbagi ke tiga tipe. Ada boutique suite yang cocok untuk pasangan atau keluarga kecil. Dilengkapi living room dan mini kitchen, dengan kamar mandi ada bathtub, membuat boutique suite bisa menjadi pilihan nyaman untuk bermalam.

Kalau liburan bersama keluarga atau teman, bisa memilih tipe bungalow. Untuk bungalow ada dua tipe, Samudera Pasifik dengan 3 tempat tidur atau Samudera Indonesia dengan 4 tempat tidur. Masing-masingnya dilengkapi ruang tamu/living room, meja makan, dapur, dan kamar mandi. Ada teras dan balkon pula yang asyik untuk bersantai. TV kabel dan internet? Tentu tersedia. Di tipe bungalow ini, peralatan masak di dapur pun tersedia lengkap. Sehingga memang pilihan paling tepat untuk liburan bersama keluarga.

Fasilitas

Berbicara tentang fasilitas, di Jayakarta Anyer kita akan dimanjakan oleh banyaknya fasilitas untuk berlibur atau berbisnis. Dengan areal yang luas, Jayakarta Anyer memang kerap menjadi tempat untuk meeting dan gathering. Tentu hal ini ditunjang dengan meeting room memadai yang pemandangannya langsung ke pantai. Asyik gak sih?

Fasilitas lainnya yang memanjakan untuk aku yang ingin liburan bersama keluarga pun ada. Mulai dari area bermain untuk anak kecil, pelbagai pilihan water sport di pantai, spa, lapangan voli, meja biliar dan ping-pong, sampai kolam renang yang terdapat kolam untuk anak.

Aku sih selama di Jayakarta Anyer lebih sering menghabiskan waktu di pantainya yang landai. Soalnya sudah lama banget gak main di laut hehehe.

Lagoon Restaurant

Meski di bungalow tempatku menginap ada dapur, tapi tetap kok aku sesekali ke Lagoon Restaurant. Kan di restoran ini, tamu-tamu Jayakarta Anyer menikmati aneka kuliner termasuk sarapan. Dengan konsep buffet all you can eat yang membuatku bisa makan sepuasnya.

Kalau hari libur atau akhir pekan, di Jayakarta Anyer sering ramai banget. Untungnya Lagoon Restaurant memiliki kapasitas 400 kursi, jadi seramai apapun aku tetap bisa menikmati sarapan dengan nyaman. Ditambah melihat pemandangan pantai secara langsung! Asyik!

Kalau ingin pesan buffet untuk rombongan dengan konsep berbeda, di Jayakarta Anyer bisa loh mengakomodasi buat kamu yang ingin pesta BBQ atau dinner di pantai. Suasana romantis khas pantai Anyer, dijamin membuat kamu semakin jatuh cinta dengan pesona negeri kita sendiri, Indonesia.

Jadi, Ayo ke Anyer!

Main ke Anyer tetap selalu menjadi pilihan. Akses yang semakin mudah, pilihan akomodasi nyaman yang semakin beragam, ditambah keindahan pantainya membuat aku sulit move on dari tempat yang satu ini. Belum lagi di dekat Anyer kini ada Desa Wisata Cikolelet yang tidak kalah menariknya.

Apalagi di Anyer ada Jayakarta Anyer yang mempunyai konsep keluarga banget. Bungalow yang membuatku merasa bagaikan di rumah. Bedanya, rumah yang satu ini langsung berbatasan dengan pantai. Sehingga kapan pun aku mau main ke pantai, tinggal buka pintu saja. Dengan fasilitas lengkap untuk berbisnis sampai liburan, tidak heran kalau Jayakarta Anyer kerap menjadi pilihan.

Tunggu apalagi nih? Ayo ke Anyer!

The Jayakarta Villas Beach Resort, Boutique Suites & Spa – Anyer

Jln. Raya Karang Bolong KM 17/135, Anyer, Bandulu, Serang 42166

T : +62 254 601781-2
E : anyer@jayakartahotelsresorts.com

IG : @thejayakartaanyer

Leave a Reply

Your email address will not be published.

%d bloggers like this: