Kembali Menginap di The Alana Hotel & Convention Center – Solo, Amazing!

Pada saat kunjungan ke Solo, aku teringat satu hotel yang beberapa tahun lalu pernah aku review. Saat itu, hotel ini masih baru banget. Rasanya baru beberapa bulan sejak opening. Pengalaman baik yang aku dapatkan saat menginap di sana waktu itu, membuatku penasaran untuk kembali mencoba.

Iseng scrolling di aplikasi Archipelago Membership, ternyata dapat rate menarik untuk menginap di hotel bintang empat yang satu ini. Oh iya, hotelnya memang masih masuk grup Archipelago International. Manajemen hotel asal Indonesia yang sudah dikenal bisa eksis ke beberapa negara. Reservasinya pun lewat aplikasinya langsung, karena dapat diskon 15% yang membuatnya lebih murah daripada memesan lewat OTA.

Seperti apa pengalamanku menginap kali ini? Langsung deh kita ke The Alana Hotel and Convention Center – Solo yang lokasinya tidak jauh dari Bandara Adi Sumarno.

Sekilas Pandang

Menuju The Alana Hotel and Convention Center – Solo, yang akrab disebut The Alana Solo, aku teringat awal tahun 2016 saat pertama kali kenal dengan brand milik Archipelago International yang satu ini. Mengusung konsep berbeda dari brand Aston atau Grand Aston, Alana hadir memadukan leisure dan bisnis yang tetap menonjolkan unsur budaya setempat. Jadi, buatku yang waktu itu baru kenal Fave, NEO, dan Aston saja, Alana menjadi semacam penyegar yang sangat berbeda.

Lokasinya tidak jauh dari Bandara Adi Sumarno, bandar udara yang lokasinya masih di Boyolali tapi sering disebut sebagai bandara Kota Solo. Karena lokasinya yang dekat area bandara, aku jadi tidak bisa menerbangkan drone untuk mengabadikan bangunan yang dari depan langsung terasa “Wah ini convention center banget”.

Untuk menuju hotel, bila kamu dari bandara atau stasiun, bisa memesan layanan jemput ya. Tentu harus dipesan paling tidak satu – dua hari sebelum kedatangan. Atau bisa langsung gunakan transportasi online pilihan. Toh di Kota Solo, layanan transportasi daring sudah menjadi salah satu primadona untuk bepergian.

Selamat Datang Kembali

Memasuki lobi khas The Alana Solo yang luas dan nyaman. Rasanya lobi ini memang sangat lega, dilengkapi sofa merah yang menjadikanku betah. Termasuk lobi hotel favorit bagiku, dengan segala kelebihannya.

Tidak hanya nyaman, di lobi The Alana Solo turut disediakan welcome drink minuman tradisional yang menyegarkan. Kesan nilai lokal yang ditonjolkan memang menjadi ciri khas dari brand Alana. Di kanan kiri, aku lihat pelbagai karya kerajinan dan batik. Sayangnya aku tidak dapat info apakah memang ini sebatas karena ada pameran atau memang sudah menjadi keseharian. Namun seingatku, saat kunjungan pertama 2016 lalu, situasi di lobi sangat serupa.

Keramahan dan kehangatan dari petugas FO menyambut saat aku ingin check in. Karena sudah pernah menginap di sini, dan aku memakai aplikasi Archipelago Membership, jadinya proses check in semakin cepat. Tidak perlu lagi menunjukkan identitas dan meninggalkan deposit. Aku pun langsung mendapatkan dua kunci kartu kamar yang bisa ku gunakan.

Kamar

Kalau beberapa tahun lalu, aku mencoba menginap di kamar tipe Superior, kali ini aku mendapat kesempatan menginap di kamar tipe Deluxe. Padahal kamar Superior pun sudah luas dan ajib ya, bagaimana dengan kamar Deluxe di The Alana Solo ini?

Kamar tipe Superior

“Klik”

Lapangnya kamar dengan luas 37 meter persegi langsung menyapa saat pintu ku buka. Luas? Banget! Sentuhan elegan dan mewah pun sangat terasa, sebagaimana kamar di brand Alana Hotel lain yang pernah ku coba.

Fasilitas lengkap? Tentu saja! Ada meja dan kursi untuk kerja, sofa bed nyaman yang menambah sentuhan nilai mewah, teko pemanas air, kulkas kecil, dan jendela dengan pemandangan kota/gunung/kolam renang.

Luasnya tipe Deluxe di The Alana Solo

Untuk hiburan? Jaringan internet nirkabel yang stabil serta TV dengan puluhan channel TV kualitas HD tentu sangat menyenangkan. Membuatku semakin betah di kamar, meski hanya leyeh-leyeh seharian.

Sekarang kita lihat kamar mandinya yuk!

Kamar mandinya luas dengan dinding kaca yang elegan dan menawan. Duuuh dinding kaca jernih dan transparan ini, memang cocok untuk menginap bersama pasangan. Buatku yang seringnya sendirian pun, kamar mandi seperti ini sangat menyenangkan. Setidaknya aku bisa menonton TV sembari mandi, hehehe.

Eh tapi tenang saja, ada tirai yang bisa diturunkan sehingga privasi tetap terjaga. Aku lebih menyukai kamar mandi seperti ini, daripada kamar mandi dengan kaca buram yang sesekali masih menerawang. Buatku, kamar mandi di The Alana Solo ini, lebih menjaga privasi bila menginap tidak seorang diri.

Selain itu, toiletries yang lengkap pun menjadi alasan mengapa aku suka dengan kamar mandi di The Alana Solo. Belum lagi pilihan handuk beragam tersedia. Plus ada pengering rambut yang biasanya begitu dicari oleh kaum hawa. Air panas dan drainase? Lancar tanpa kendala. Aku tidak mendapati genangan meski debit air mengalir deras dari pancuran air.

Kamarnya sudah senyaman ini, yakin gak mau seharian di kamar saja nih?

Aktivitas dan Fasilitas

Sebagai hotel berbintang empat, sudah pastinya di The Alana Solo terdapat banyak fasilitas yang memanjakan tamu-tamunya. Baik tamu yang beperjalanan seorang diri, bersama pasangan, atau bareng dengan keluarga, semua segmen tadi bisa dirangkul dengan baik oleh The Alana Solo.

Adanya Aquamarine Pool & Bar salah satu contoh dari fasilitas ajib di The Alana Solo. Tiga kolam renang tersedia dengan kedalaman berbeda. Ada kolam dewasa dengan kedalaman 140cm, kolam jacuzzi (air hangat) dengan kedalaman 80cm, dan kolam anak dengan kedalaman 60cm. Dibuka dari pukul 6 pagi hingga 11 malam, kolam renang di The Alana Solo selalu menjadi fasilitas incaran tamu-tamunya.

Mau bersantai di pool sembari menikmati aneka makanan pun bisa. Karena ada Pool Bar dengan pelbagai menu minuman dan cemilan tersedia. Biasanya, menu dari Pool Bar ada yang dibundel dengan paket berenang dan fitness di The Alana Solo. Yupz, tanpa menginap, kamu tetap bisa kok berenang atau memakai fasilitas kebugaran di The Alana Solo.

Selain Aquamarine Pool & Bar, sebagaimana aku singgung di atas, ada The Prime Fitness Center. Peralatannya banyak dan lengkap! Termasuk gym hotel favoritku nih. Dibukanya, sama dengan kolam renang, dari pukul 6 pagi hingga 11 malam.

Lalu ada pula Rosemary Spa yang bisa mengembalikan kesegaran sehabis penat dan lelah melanda. Dengan pelbagai paket menarik, mulai dari Rp170ribuan saja.

Di dekat kolam renang dan fitness center, ada area bermain untuk anak-anak dengan warna-warni ceria. Semakin terasa lengkap bagi tamu yang menginap bersama keluarga.

Kalau fasilitas untuk bisnis dan aneka pertemuan, bagaimana?

Jangan khawatir. Ada banyak ruang pertemuan di The Alana Solo yang bisa digunakan untuk rapat kecil (kapasitas sampai 20 tamu) atau pesta besar di ballroom yang mampu mengakomodasi hingga 1.200 tamu. Luas dan besar, kan? Yah namanya saja The Alana Hotel and Convention Center – Solo, tentu harus mengakomodasi pula untuk kebutuhan MICE dong ya.

The Cinnamon Restaurant

Beberapa tahun lalu aku menginap di sini tanpa sempat mencoba sarapannya. Nah kali ini, aku tidak akan menyia-nyiakan sarapan yang konon katanya termasuk sarapan hotel terbaik di Kota Solo. Benarkah?

Sudah siap dari pukul 6 pagi, aku berkeliling ke The Cinnamon Restaurant di lantai lobi. Restoran yang bisa mengakomodasi 90 tamu di indoor dan 30 tamu di outdoor ini memang diatur dengan penataan apik, elegan, dan tentu tetap memberikan rasa nyaman. Terpisahnya area merokok, menjadi jaminan buatku bisa bebas dari asap rokok. Dibuka dari pukul 6 pagi hingga 11 malam, pastinya The Cinnamon Restaurant juga menawarkan layanan kamar 24 jam. Lapar kapan pun, tidak perlu khawatir.

Kembali ke sarapan, menu yang disajikan sangat beragam. Menu tradisional ada, sarapan ala barat bisa, atau aneka menu asia timur pun turut disajikan. Ada banyak stall live cooking, yang saat ku hitung ada sekitar empat. Masing-masing menawarkan menu berbeda, tentunya. Kue dan jajanan di menu sarapan, termasuk yang ku rekomendasikan. Kalau dibilang sebagai salah satu sarapan terbaik, rasanya aku bisa sepakat.

Buat tamu yang tidak memesan kamar dengan sarapan, bisa sarapan di The Cinnamon Restaurant dengan Rp120.000++ per pax. Termasuk sepadan sih dengan apa yang kita dapatkan. Meski tetap lebih hemat bila kita langsung memesan kamar dengan sarapan.

Selain menu sarapan yang konsepnya prasmanan, di The Cinnamon Restaurant tentu menyediakan menu-menu yang disajikan ala carte untuk makan siang dan makan malam. Pilihan menunya, banyak banget! Aku pun menjatuhkan beberapa pilihan yang berbeda untuk makan siang dan makan malam. Tentu agar bisa mencoba banyak ya.

Dua menu yang aku rekomendasikan sih, steak dan salmon. Kematangannya pas banget dengan selera, dengan kekentalan bumbu yang sesuai. Selain menu ini, aneka gelato yang ada sangat sayang untuk dilewatkan. Pun kopi hitam dengan aroma dan penyajian yang khas, menjadi andalan.

Jangan lupa untuk memesan cake di The Cinnamon Restaurant. Serius, cheese cake yang aku pesan ini, enak banget! Rasanya mau dibungkus deh untuk dibawa ke kamar. Atau pesan dari kamar saja? Biar bisa sembari bersantai di kamar yang nyaman hehehe.

Kok seperti balas dendam ya. Beberapa tahun lalu ke The Alana Solo tanpa sempat mencoba apa-apa, eh sekarang malah memesan makanan banyak banget. Buat kamu yang memang longgar keuangannya, memesan menu ala carte di The Alana Solo memang sangat sepadan. Pun untuk makan malam romantis dengan pasangan, bisa diatur pula di area restoran atau kolam renang.

Jadinya …

Sekali ke The Alana Solo tahun 2016 lalu, memang membuatku ketagihan. Ingin mencoba kembali hotel yang satu ini, akhirnya keturutan. Bahkan mendapatkan kesan lebih dari pengalaman menginapku sebelumnya.

Kamar yang luas, fasilitas lengkap, ramah untuk keluarga, menu sarapan banyak pilihan, dan banyak alasan lain yang menjadikan The Alana Solo sebagai salah satu hotel favoritku. Apalagi buat kamu yang ingin menginap di dekat Bandara Adi Sumarno, atau sekadar menepi dari kesibukan pusat kota, The Alana Solo memang tepat menjadi pilihan. Adanya layanan antar/jemput pun terasa semakin memanjakan.

Jadi bagaimana? Tertarik untuk menginap di The Alana Hotel and Convention Center – Solo? Yuk cobain! Mau kamar tipe Superior atau Deluxe, sama nyamannya.

Aku pun ingin kembali ke hotel favoritku ini, kamu kapan ke sini?

The Alana Hotel & Convention Center – Solo

Jalan Adisucipto, Colomadu – Solo, Karanganyar, Jawa Tengah

T : +62 271 745 1555

E : SoloInfo@alanahotels.com

IG : @alanasolohotel

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: