Liburan Nyaman dan Terjangkau di favehotel Solo Baru

Liburan ke Solo? Sepertinya hal yang menarik untuk dilakukan. Sebagai salah satu kota yang kuat dan kental akan kultur budaya, Solo tentu mempunyai banyak sisi yang dapat kita kupas secara mendalam. Belum lagi kalau bicara tentang kulinernya yang beraneka rupa.

Selain itu, terjangkaunya rate akomodasi menginap di Solo tentu menjadi salah satu alasan. Ditambah adanya tol TransJawa yang tidak terputus dari Jakarta, Solo pun semakin cocok tidak hanya untuk berlibur atau berbisnis tetapi tepat juga menjadi kota transit sebelum melanjutkan perjalanan kembali.

Beberapa waktu lalu, aku sempat main-main ke Solo. Eh tapi, aku tidak langsung main ke Solo sih. Melainkan asyik menjelajahi Solo Baru terlebih dahulu. Suatu kawasan di Sukoharjo yang masih berbatasan dengan Solo. Sangat minim macet, terkenal pula dengan jajanan kulinernya, diisi banyak pusat kegiatan dan perbelanjaan, sampai hadir dan tumbuhnya hotel-hotel berbintang menjadi alasan.

Satu hal lain yang terpenting, waktu tempuh ke pusat kota Solo pun hanya 10 – 15 menit! Hmm pilihan menarik, bukan?

Sekilas Pandang Favehotel Solo Baru

Sebelum aku sampai di tempat tujuan, pastinya sih aku sudah mencari referensi untuk tempat bermalam. Sewaktu mencari lewat aplikasi Archipelago Membership, aku terkaget sewaktu melihat favehotel Solo Baru yang rate per malam mulai dari Rp180ribuan saja! Sampai aku berpikir, “Seriusan ini?”

Yupz, akomodasi dan hotel-hotel di Solo memang dikenal sangat terjangkau. Tetapi mendapat kenyamanan hotel berbintang dari grup Archipelago International dengan uang dua lembar Rp100ribuan? Wah ini sih benar-benar liburan impian. Tidak perlu pikir panjang, kamar di favehotel Solo Baru pun langsung aku pesan.

Aku sempat berpikir sih, “Jangan-jangan hotelnya B aja nih. Bangunan biasa dan standar, makanya murah.” Ternyata pemikiranku ini salah banget! Hotel budget dari Archipelago International ini, gedungnya mentereng! Rasa-rasanya aku semakin tidak percaya kalau menginap di sini semurah itu.

Disambut hangat oleh petugas keamanan, aku pun langsung masuk ke area lobby yang nyaman. Tersedia welcome drink yang dapat kita nikmati sendiri, ditambah aneka merchandise khas favehotel dan cemilan lokal yang menarik nih untuk dibeli buat oleh-oleh. Eh, masih hari pertama. Belinya nanti saja deh.

Petugas resepsionis menanyakan keperluanku. Langsung ku infokan kalau aku ingin check in dan sudah reservasi melalui aplikasi Archipelago Membership. Proses check in sangat cepat, pembayaran pun bisa ku lakukan di hotel kalau pesannya lewat aplikasi dari Archipelago International tersebut. Memudahkan!

Kunci kamar sudah didapat, langsung ke kamar yuk!

Fun, Fresh, and Friendly

Kamarnya favehotel Solo Baru ini, seperti kamar favehotel kebanyakan. Nuansa pink yang cerah dan segar, berpadu dengan putih menjadi dominan. Adanya dua bantal emoji, menambah kesan lucu dari kamar yang menjadi tempatku bermalam kali ini.

Fasilitas kamar termasuk standar sebagaimana hotel berbintang dua lainnya. Adanya teko pemanas air di dalam kamar, menjadi nilai tambah menurutku. Biasanya hotel budget, sekarang ini, lebih memilih menyediakan dispenser air panas dan dingin di koridor hotel. Keduanya punya nilai lebih, tapi ada teko pemanas air di dalam kamar menjadikan lebih praktis kalau ingin bikin kopi atau teh.

Selebihnya, sebagaimana hotel budget di jaringan hotel besar dan ternama. Internet cepat, TV kabel dengan tayangan yang jernih, serta tempat tidur yang nyaman menjadi fasilitas yang dapat kita nikmati di kamar. Oh iya, di kamar favehotel Solo Baru masih disediakan telepon. Satu detail yang kadang gak diperhatikan, tapi mengingat beberapa hotel budget sudah meniadakan telepon di kamar, jadi fasilitas telepon di favehotel Solo Baru patut aku sebutkan. Setidaknya memudahkan kalau ingin menghubungi FO atau layanan kamar, kan?

Kamar mandinya sebagian berdinding kaca yang tidak transparan. Gak perlu khawatir risih kalau menginap bersama teman, bukan pasangan, karena gak tembus pandang. Terasa lega dengan kelengkapan alat mandi yang standar. Aku senangnya di debit air panas yang deras mengalir, ditambah handuk lembut yang wangi. Buatku, dua hal ini patut diapresiasi. Oh, satu lagi, aku senang dengan aroma sabunnya. 😁

Kamar begini ditebus gak sampai Rp200ribu per malam? Menurutku sih, ini oke banget. Menang banyak!

Sekitar Favehotel Solo Baru

Satu hal yang perlu aku ingatkan, kali ini aku mencoba menginap di hotel budget dari Archipelago International. Tentu ketika kita memutuskan untuk memilih menginap di hotel budget, berarti kita tahu lebih mengedepankan anggaran yang hemat daripada fasilitas beragam. Tentu tanpa mengorbankan kenyamanan.

Nah di favehotel Solo Baru sendiri, sebagai hotel yang berlokasi strategis dan cocok untuk bisnis, pasti menyediakan ruang meeting yang memadai. Ada tiga macam ruang meeting yang dapat digunakan. Mulai dari ruang kecil untuk rapat/pertemuan eksklusif (maks 20 orang), ruang Clove untuk pertemuan sampai 150 orang, dan ruang Rosemary yang sanggup mengakomodasi sampai 200 orang. Hmm, lumayan banget kan?

Kalau fasilitas lainnya, ada Giri Loka Spa yang siap memanjakan tubuh sehabis padatnya aktivitas seharian. Letaknya ada di lantai 8 dan bisa juga memesan layanan pijat di dalam kamar. Memudahkan!

Selebihnya, lokasi favehotel Solo Baru tentu menjadi keunggulan. Ada The Park Mall, Sentra Niaga, dan Hartono Lifestyle Mall yang siap memanjakan kita dalam mencari hiburan dan kulineran.

Bicara kuliner, Solo Baru memang disiapkan menjadi sentra kuliner Solo Raya loh. Apalagi beberapa kuliner di Sukoharjo memang melegenda. Seperti Ayam Goreng Kampung Mbah Karto Tembel yang menjadi langganan Pak Jokowi ini. Cuma 18 menit berkendara untuk bisa ikut menikmati kuliner legendaris ini.

Selain itu ada pula Soto Carikan, Bakso Pak Bag, Ayam-Ayam Resto, dan aneka panganan lainnya. Hmm, maknyus banget kan liburan sekaligus wisata kuliner di sini?

Untuk wisata budaya dan sejarah, dari favehotel Solo Baru ke Keraton Kasunanan Surakarta pun hanya 4.4 kilometer saja. Mudah dan dekat, kan? Semakin jadi idaman saja nih favehotel Solo Baru untuk liburan murah di Solo Raya.

Gerabah Outlet dan Lime Restaurant

Tadi kita sudah membahas kuliner di sekitar favehotel Solo Baru. Nah, kulineran di favehotel Solo Baru sendiri seperti apa ya?

Ternyata ada dua tempat, Gerabah Outlet di lantai lobby dan Lime Restaurant di lantai 1 favehotel Solo Baru. Aku sendiri sih mencoba kulineran di Lime Restaurant. Tempat di mana tamu favehotel Solo Baru menikmati sarapan pagi.

Menu sarapannya sendiri sangat beragam. Untuk kelas hotel budget, ini sudah melebihi bayangan. Ada makanan berat, jajanan tradisional, sampai menu khas Solo yang tiap harinya disajikan berbeda. Dari segi rasa, standar kok. Nasi goreng saat sarapan, sangat bisa aku nikmati. Mencoba nasi goreng saat sarapan hotel adalah salah satu caraku menilai sarapan secara keseluruhan. Maklum, penggemar berat nasi goreng hehehe.

Kalau kamu memesan kamar tanpa sarapan, kamu tetap bisa sarapan di sini dengan menambah Rp45.000-Rp50.000 per orangnya. Yupz, aku sudah tahu kamu mau bilang apa. Terjangkau banget, kan?

Untuk menu ala carte, di favehotel Solo Baru pun banyak pilihan dengan harga (lagi-lagi) terjangkau. Rerata dibanderol harga Rp20ribuan – Rp40ribuan per porsi. Dengan kualitas rasa yang terjaga, ditambah suasana Lime Restaurant yang nyaman, kulineran di favehotel Solo Baru pas banget menjadi pilihan.

Kalau di Gerabah Outlet, aku memang tidak mencoba. Tapi tempat makan yang bersuasana tradisional ini, menyajikan aneka menu khas Jawa yang layak dicoba. Dibuka dari pukul 5 sore hingga 11 malam, Gerabah Outlet bisa menjadi tempat untuk bersantai sore sejenak.

Jadinya …

Rasanya aku masih gak percaya. Kamar dengan kenyamanan berstandar dari Archipelago International ini dibanderol kurang dari Rp200ribu per malamnya. Meski di Solo, rata-rata akomodasinya memang terjangkau, tapi ya ini sih murah banget!

Dengan uang segitu, aku sudah bisa menginap nyaman sembari berselfie ria. Nuansa pink segar menjadikan kamar ini sangat asyik menjadi latar gambar. Belum lagi ada bantai emoji lucu yang bisa menjadi properti tambahan saat berfoto.

Lokasi strategis dan kuliner yang terjangkau menjadi nilai tambah tersendiri. Sarapan all you can eat dengan uang Rp50.000 saja, dengan pilihan menu sebanyak itu, tentu (lagi-lagi) terjangkau banget. Lime Restaurant sendiri terasa nyaman untuk bersantai dan bercengkrama.

Pilihan menarik bagi kamu yang ingin liburan murah meriah tapi tetap nyaman. Kenyamanan yang dijamin nama besar Archipelago International, grup yang menaungi hotel-hotel besar seperti ASTON dan ALANA. Jangan lupa reservasi lewat aplikasi Archipelago Membership, untuk pelbagai kemudahan dan keuntungan lainnya.

Jadi gimana, tertarik untuk memulai liburan murah di Solo?

favehotel Solo Baru

Jln. Ir. Soekarno, Solo Baru, Sukoharjo, Jawa Tengah

T : +62 271 672 7555
E : solobaruinfo@favehotels.com

IG : @favesolobaru

One Response
  1. July 10, 2019

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: