Hotel des Indes Menteng: Kemegahan Kolonial di Tengah Jakarta

Melewati kawasan Menteng, tepatnya di Jalan HOS Cokroaminoto tidak jauh dari Taman Menteng, aku melihat satu bangunan yang menarik. Dengan arsitektur bergaya kolonial yang kontras dengan bangunan di sekitarnya. Gedung setinggi lima lantai ini, ternyata satu hotel yang baru saja dibuka di Jakarta. Hmm, menarik nih untuk dicoba.

Rasa penasaran ini, membuatku akhirnya melangkahkan kaki masuk ke hotel yang cantik ini. Dengan lokasi strategis, dekat Taman Suropati dan Stasiun MRT Bundaran HI, rasanya sih ke depannya hotel ini akan menjadi opsi menarik bagi pebisnis dan wisatawan di DKI.

Daripada penasaran berlama-lama, langsung saja deh kita kenalan dengan Hotel des Indes Menteng. Yuk!

Sekilas Hotel des Indes Menteng

Sebagaimana aku ceritakan di awal, bangunan Hotel des Indes Menteng memang bergaya khas zaman kolonial. Membuatku teringat satu hotel yang pernah berjaya di Batavia abad 19 – 20 silam. Kebetulan, namanya juga Hotel des Indes. Apakah memiliki kaitan sejarah? Mengingat Hotel des Indes yang pernah berjaya itu, kini sudah dibongkar menjadi pusat komersil Duta Merlin.

Ternyata tidak ada kaitannya. Hotel ini hadir mengambil inspirasi dari kemewahan dan kemegahan Hotel des Indes kala itu, dan menghadirkan kembali nuansa nostalgia akan hospitality yang telah melegenda. Aku memang senang menginap di hotel dengan konsep dan bangunan seperti ini, seperti berada di mesin waktu. Apalagi bangunan cantik seperti ini, pasti mengundang banget untuk foto-foto.

Cantik Sejak Awal

Memasuki lobby, disambut keramahan petugas yang sigap membantu membukakan pintu. Satu nilai tambah yang sudah jarang aku temukan di hotel bintang 3 dan 4.

Celingak-celinguk, mencari meja resepsionis. Ternyata ada di satu sisi yang penataannya apik serta cantik. Interior lobby Hotel des Indes Menteng ini memang didesain sedemikian rupa untuk mengajak tamunya bernostalgia. Apalagi banyak sofa empuk dan nyaman, yang menjadikan lobby ini asyik untuk bercengkrama. Atau sekadar untuk menunggu antrean check in, biar tidak melelahkan.

Sembari menunggu di nyamannya lobby, aku diberikan segelas welcome drink yang menyegarkan. Lupa menanyakan namanya, tapi dari segarnya mirip virgin mojito. Lumayan bikin segar, apalagi sehabis panas-panasan dengan udara ibu kota.

Giliranku untuk check in tiba dan tidak butuh waktu lama untuk mendapatkan kunci kamar. Langsung menuju kamar yuk, sudah penasaran akutu.

Kamar Hotel des Indes Menteng

Sampai saat ini Hotel des Indes Menteng memiliki total 66 kamar dengan tiga tipe tersedia. Ada tipe Deluxe dengan luas kamar 20 meter persegi, Grand Deluxe dengan luas kamar 25 meter persegi, dan Executive Deluxe dengan luas kamar 30 meter persegi. Aku sendiri mendapat kamar tipe Deluxe di kamar 229. Hayoo, sudah penasaran dengan kamarnya?

“Klik”

Begitu dibuka, aku langsung disambut nuansa kemewahan berkelas dengan sentuhan menawan. Lantai kayu dipadukan dengan karpet lembut, menjadikan kamar ini hangat serta cantik. Warna karpet yang kontras, menjadi ciri khas tersendiri.

Ukuran 20 meter persegi terasa lega dengan penataan ruangan yang apik. Aku tetap bisa berjalan-jalan dengan leluasa, bahkan dengan ukuran badanku yang sesubur ini.

Fasilitas lengkap membuatnya semakin terasa memadai. Ada televisi ukuran 43 inch, dilengkapi channel HD, menjadi hiburan utama. Teko pemanas air, lengkap dengan teh serta kopi pun tersedia. Disertakan pula lemari pendingin yang dinginnya benar-benar bisa diandalkan. Fasilitas lain seperti safety box, lemari, telepon, sampai sandal hotel tentunya tersedia dong. Lengkap!

Untuk kelancaran aktivitas di dunia maya, disediakan pula jaringan internet nirkabel. Sayangnya, pada saat aku mencoba, di beberapa titik koneksi menjadi kurang stabil. Untuk kecepatannya sih sudah memuaskan. Termasuk untuk mengunduh beberapa film favoritku selama menginap.

Kamar mandinya menjadi nilai tambah karena berhasil menampilkan kesan mewah. Mulai dari personalisasi toiletries yang terkesan premium, corak keramik kamar mandi yang elegan, dan handuk-handuk tebal menjadi idaman. Memang luasnya kamar mandi terkesan terbatas, tetapi aku tetap bisa mandi dengan nyaman. Air panas pun mengalir lancar dari rain shower yang terpasang. Suka!

Begini nih kalau lagi menginap di kamar semewah ini, aku malah jadi ingin leyeh-leyeh seharian. Meski aku pun penasaran, di Hotel des Indes Menteng yang masih baru ini, ada fasilitas apa saja sih?

Fasilitas dan Aktivitas

Dengan lokasi strategis, hanya lima menit berjalan kaki dari Bundaran HI, membuat hotel ini cocok untuk aktivitas bisnis dan liburan. Semua tentu sudah paham kalau Bundaran HI memiliki banyak pesona, mulai dari tempat hang-out dan belanja sampai kemudahan moda transportasi ada di sana. Mau CFD-an, main ke Grand Indonesia, atau menikmati MRT dan TransJakarta untuk keliling berwisata tentu sama mudahnya.

Dekat Taman Menteng jadi bisa rekreasi atau untuk tempat olahraga jalan pagi. Ada Plaza Menteng yang di dalamnya punya banyak tenant menarik, serta dikelilingi cafe sampai restoran, jadi tidak akan kehabisan ide buat jalan-jalan.

Kalau fasilitas di hotelnya sendiri, masih dalam tahap penyelesaian. Ada fitness center yang ke depannya akan menjadi pusat tamu menjaga kebugaran.

Untuk sekarang ini, Hotel des Indes Menteng tetap menarik untuk berfoto karena banyak spot cantik. Siapkan baterai dan memori gawai ya, karena di sini kamu pasti dikit-dikit cekrek!

Buat pebisnis bagaimana? Nah di Hotel des Indes Menteng, ada kerjasama menarik dengan Vamonos Coworking Space. Terletak di lantai lima, tempat untuk kerja santai ini mempunyai interior yang instagramable. Di sini pun terdapat beberapa ruang pertemuan yang bisa mengakomodasi untuk rapat terbatas.

Oh iya, bagaimana dengan area parkir? Hotel des Indes Menteng mempunyai area parkir di lantai basement dan depan hotel. Ada layanan valet parking pula loh!

Paloma Bistro, Lounge, and Bar

Sebelum Hotel des Indes Menteng ini dibuka, sebenarnya sudah ada restorannya terlebih dahulu. Namanya Paloma Bistro, Lounge, and Bar yang sekarang juga menjadi restoran untuk tamu Hotel des Indes Menteng.

Salah satu hal yang aku senangi dari Paloma Bistro, Lounge, and Bar adalah konsep serta interiornya. Instagramable banget! Kesan kemewahan bergaya kolonial pun terasa. Selama di sini, aku merasa bagai tamu abad 19 dan 20 yang dimanjakan hospitality berkelas.

Jangan lupa untuk kembali berfoto-foto selama di sini. Karena spot dan tempat secantik ini, sangat sayang untuk dilewatkan.

Untuk sarapan, tamu-tamu Hotel des Indes Menteng akan dimanjakan dengan menu sarapan dengan kualitas rasa jempolan. Pilihan menu memang masih terbatas, apalagi dibanding rate Hotel des Indes Menteng tentu pertamanya aku sedikit kaget. Eits tapi, dari segi rasa, menunya benar-benar jempolan. Boleh aku klaim kalau nasi goreng saat sarapan di Hotel des Indes Menteng adalah salah satu nasi goreng sarapan hotel terbaik. Jadi mau nambah terus!

Pilihan buahnya juga segar, ditambah jus yang benar-benar terasa sari buahnya. Menikmati sarapan dengan kesejukan pendingin udara atau menikmati area luar sembari merokok bisa jadi pilihan. Iya, di Paloma Bistro, Lounge, and Bar ini memang ada area outdoor-nya. Kece juga loh!

Untuk area bar, interiornya pun nyaman serta apik. Pilihan minuman yang disajikan banyak banget. Boleh nih menjadi pilihan tempat bersantai selepas seharian kerja. Dengan lokasi sestrategis Hotel des Indes Menteng, tentu pilihan yang menarik.

Oh iya, Paloma Bistro, Lounge, and Bar bisa mengakomodasi sampai 150 orang dengan nyaman. Mau buat acara kecil-kecilan dan privat, bisa banget nih sepertinya. Atau buat party bersama keluarga dan teman? Jos banget!

Jadinya …

Bagaimana kesanku selepas menginap di hotel yang satu ini? Puas dan nyaman banget! Sepertinya Hotel des Indes Menteng sukses menghadirkan kemewahan dan kenyamanan berkelas yang dulu pernah hadir.

Arsitektur unik berpadu dengan interior yang cantik, pasti membuat tamu-tamunya (termasuk aku) rajin untuk berfoto-foto. Senyum dikit, cekrek! Senyum dikit, cekrek!

Keterbatasan fasilitas karena masih baru buka, diatasi dengan kesigapan hospitality jempolan. Lokasi strategis dan kamar yang nyaman, pun menjadi nilai tambah yang membuatku betah.

Untuk publish rate di atas satu juta atau sekitar Rp600ribuan menurut OTA, hotel ini pastinya menyasar eksekutif dan ekspatriat yang memiliki agenda bisnis di Jakarta. Untuk liburan? Tentu bisa saja. Apalagi lokasinya super strategis begini.

Menginap di Hotel des Indes Menteng? Yuklah!

Hotel des Indes Menteng

Jalan HOS Cokroaminoto no. 84 Menteng Jakarta 10310

T : +62 21 392 1818

IG : @desindes.jakarta

31 Comments
  1. November 25, 2019
    • November 25, 2019
      • November 27, 2019
  2. November 25, 2019
    • November 25, 2019
  3. November 25, 2019
    • November 25, 2019
  4. November 25, 2019
    • November 25, 2019
  5. November 25, 2019
    • November 25, 2019
  6. November 26, 2019
    • November 28, 2019
  7. November 26, 2019
    • November 28, 2019
  8. November 26, 2019
    • November 26, 2019
    • November 28, 2019
  9. November 26, 2019
    • November 27, 2019
    • November 28, 2019
  10. November 26, 2019
  11. November 26, 2019
  12. November 27, 2019
  13. November 27, 2019
  14. November 27, 2019
  15. November 27, 2019
  16. November 27, 2019
  17. November 28, 2019
  18. November 28, 2019
  19. November 28, 2019

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: