Puteri Gunung Hotel : Puas Liburan Menikmati Lembang

Liburan itu perlu banget. Setuju gak sih? Apalagi liburan salah satu momen yang pas untuk menguatkan kebersamaan. Baik kebersamaan dengan keluarga, sahabat, atau dengan yang dicinta.

Nah, dari sini aku berpikir, sesekali liburan yuk. Bukan sekadar menuju suatu tempat dan mencari akomodasi, tetapi aku ingin tempat yang menjadi akomodasi aku nanti ya mencerminkan arti dari liburan itu sendiri. Singkatnya, aku ingin bermalam di tempat yang kesannya liburan banget.

Setelah menimbang banyak pilihan, jatuhlah ke Lembang. Tempat yang legendaris, sebagaimana legenda Sangkuriang. Tempat yang udaranya sejuk banget, sampai-sampai di sana sudah tidak perlu pendingin udara. Tentu pastinya, Lembang aku pilih, karena masih mudah dijangkau dari Bandung atau Jakarta.

Terus liburan dimana kalau di Lembang? Ke satu hotel bintang 4 yang sudah melegenda banget. Dibuka sejak 1989 – 1990, tempat ini telah menjadi pilihan banyak orang untuk berlibur bersama. Hotel ini memiliki konsep resort berfasilitas lengkap yang dibangun di atas lahan seluas 5,5 Ha. Wuih, luas banget kan?

Daripada bertele-tele, langsung aja yuk ikuti liputan liburan aku kali ini di Puteri Gunung Hotel Lembang. 😉

Sekilas Pandang

Menuju Puteri Gunung Hotel tidak susah kok. Kalau aku menggunakan kendaraan umum, dari Jakarta aku bisa mengambil kereta ke Bandung. Sesampai di stasiun, melanjutkan dengan angkutan umum Stasiun -Lembang. Dari pemberhentian terakhir, bisa dilanjut dengan transportasi online. Hanya sekitar 1,5 kilometer sih.

Untungnya kali ini aku tidak sendirian. Jadi bisa menggunakan kendaraan pribadi yang tentunya lebih memudahkan perjalanan. Cukup ikuti panduan dari Google Maps, sampailah aku di Puteri Gunung Hotel. Wah sejuk banget udaranya.

Area parkir luas menjadi sambutan pertama. Wajar sih, kerap menjadi tempat liburan bagi rombongan. Sehingga area parkir harus memadai untuk beberapa bus sekaligus.

Melanjut ke lobby, disambut sapaan khas Sunda dengan senyum yang ramah. Lobby bernuansa sebagaimana hotel yang sudah lama berdiri, tentu dengan nilai mewah dan elegan yang senantiasa terlihat. Segera aku mengurus proses check in yang mudah. Tidak lupa FO memberikan pelbagai penjelasan tentang fasilitas yang ada di Puteri Gunung Hotel. Banyak banget loh, cocok dengan lahannya yang super luas.

Suka banget dengan pelbagai sudutnya

Segera aku diantar menuju kamar aku nih. Kalau bawaan banyak, ada yang membantu mengantarkan kok. Hospitality juara deh. Duh aku gak sabar seperti apa kamar Grand Deluxe yang akan aku tempati nanti.

Kamar

Sepanjang perjalanan menuju kamar, aku diantar salah seorang staf yang sudah bekerja di Puteri Gunung Hotel sejak 1991. Pembawaan beliau yang ramah, ditambah tidak bete ketika aku banyak bertanya tentang Puteri Gunung Hotel, membuat aku semakin salut dengan hospitality dari Puteri Gunung Hotel. Karena tidak hanya beliau, yang aku menyesal kok bisa lupa namanya, semua staf yang aku temui tidak sungkan menyapa dengan senyuman. Bahkan mereka menawarkan bantuan bila kita terlihat kesusahan.

Akhirnya sampailah aku di depan semacam cottage yang menjadi rumah aku selama di Puteri Gunung Hotel. Satu cottage sepertinya ada 4 kamar yang tipenya sama, Grand Deluxe. Mendapat unit yang bagian atas, membuat aku semakin suka. Otomatis karena semakin bisa menikmati pemandangan.

“Ctek, ctek” “Klek”

Itu bunyi kunci membuka pintu ya. Anggap saja demikian. Kuncinya memang bukan tipe kartu, tapi malah bagus sih karena akan sulit hilang atau tertinggal. Eh iya, di depan kamar ada terasnya loh. Lengkap disertai dua kursi dan meja.

Memasuki kamar seluas 38 meter persegi, aku dibuat ternganga karena konsep elegan yang memanjakan. Lengkapnya fasilitas jangan ditanya, mulai dari tempat tidur yang nyaman, teko pemanas air, TV dengan saluran kabel, lemari, kulkas kecil, sampai sofa di ruang tamu pun tersedia. Super lengkap! Ah, terasa seperti nyamannya rumah sendiri ini mah.

Segera aku keliling ke pelbagai sudut kamar. Warnanya hangat, suka banget. Bahkan selain teras di depan, kamar aku pun memiliki balkon yang luas. Lengkap dengan kursi dan meja tentunya.

Internet bagaimana? Tenang saja, ada akses internet nirkabel dengan kecepatan stabil yang bisa dinikmati tamu. Lumayan jadi hemat kuota paket data. Saluran di TV pun bisa menjadi teman bermalam, meski tidak terlalu banyak tapi buat aku sudah cukup pilihan channelnya.

Menengok ke kamar mandi, selain luas ternyata ada unsur batu juga. Sehingga terasa unik, cantik, dengan sentuhan mewah yang elegan. Tersedia dua handuk badan yang lembut. Rasanya seperti berada di hotel baru saja nih. Toiletries pun lengkap. Psst, ada hair dryer juga loh.

Kamar Grand Deluxe yang super memanjakan. Begini mah betah banget di kamar, tapi kalau begitu gak sempurna dong liburannya. Jalan-jalan yuk! Kita lihat ada apa saja sih di Puteri Gunung Hotel yang luasnya 5,5 hektar ini.

Aktivitas dan Fasilitas

Bicara fasilitas, Puteri Gunung Hotel tentu lengkap banget. Pelan-pelan kita telusuri satu persatu. Aku sendiri gak langsung menjelajahi semuanya, lebih baik dicicil dengan keesokan paginya. Karena ya luas banget, untungnya udara Lembang yang sejuk membuat aku tetap asyik menjelajahi Puteri Gunung Hotel.

Selain untuk liburan, Puteri Gunung Hotel kerap dipercaya sebagai tempat bisnis, meeting, dan gathering. Mulai dari perusahaan swasta sampai pemerintahan, turut menjadi langganan dari satu-satunya hotel bintang 4 di Lembang ini. Wajar banget, karena Puteri Gunung Hotel mempunyai beberapa meeting room yang memadai. Ditambah area yang luas, sehingga pelbagai konsep acara bisa diakomodasi.

Melanjut ke bawah, ada lapangan terbuka yang super luas. Bisa dipakai untuk aktivitas lapangan, outbond, atau sekadar jalan-jalan menikmati hijau pepohonan. Udara yang sejuk banget membuat aku merasa segar, terasa hilang pelbagai beban kerja dan dunia hahaha.

Tidak jauh dari area lapangan hijau, ada beberapa rusa! Iya rusa beneran! Langsung dong aku semangat menghampiri. Untung rusanya ramah-ramah (tahu darimana kalau ramah?). Setidaknya mereka gak takut akan kehadiran aku. Jadi aku bisa sekalian iseng memberi dedaunan untuk rusa.

Dari rumahnya rusa, aku berjalan kembali ke arah kolam yang menarik perhatian aku. Sepertinya itu kolam pemancingan. Ternyata benar, setelah aku tanyakan, di Puteri Gunung Hotel disediakan areal memancing dengan alat pancing yang dapat disewa dengan Rp50.000 saja. Buat yang hobi memancing, bisa nih iseng di sini. Mancing ikan aja, jangan mancing emosi. Apalagi mancing perhatian mantan.

Jalan-jalan sore terasa semakin menyenangkan. Apalagi jalan sore di Puteri Gunung Hotel bersama keluarga. Kalau ada anak-anak, di dekat pemancingan ada area bermain anak loh. Mau ayunan, jungkat-jungkit, sampai perosotan pun ada. Aku mau ayunan sebentar, kuat gak ya. Sempat khawatir eh ternyata kokoh banget!

Udahan dulu? Sudah mulai lapar nih. Cari makanan dimana enaknya? Gak perlu jauh-jauh karena di Puteri Gunung Hotel menyediakan pelbagai menu lezat yang bisa kita pilih untuk makan malam. Eh, dibahas pada bagian berikutnya ya. Sekarang kita lanjut ke fasilitas lain yang aku eksplor saat pagi tiba.

Kukuruyuuuk

Itu suara ayam? Bukan. Suara alarm hape yang menunjukkan pagi sudah tiba. Setelah Subuh dan bebersih, aku segera olahraga pagi. Cukup lari kecil karena di Puteri Gunung Hotel ada jogging track juga loh. Sembari lari, aku melihat pemandangan pagi yang stunning banget! Langsung bikin aku melek bin segar.

Semakin segar saat berkeliling area Puteri Gunung Hotel karena asri pepohonan. Hijau banget! Sehingga membuat aku semakin semangat berolahraga. Lumayan bisa dapat keringat banyak.

Lalu ada fasilitas apalagi di Puteri Gunung Hotel? Pastinya nih, karena konsep resort yang memanjakan buat liburan, ada kolam renang yang bikin puas banget berenang. Pagi-pagi sih asyiknya foto-foto dulu. Karena masih dingin dan nuansanya menakjubkan untuk difoto. Siangan dikit, baru deh renang.

Selain itu, ada pula fasilitas spa dan sauna, serta fasilitas penunjang kebugaran lainnya. Selagi liburan, kesehatan dan kebugaran fisik tetap harus dijaga bukan? Mau duduk santai pun bisa di Bale-Bale, sembari menikmati minuman dan cemilan. Tentu dengan konsep yang tradisional tetapi istimewa.

Nah, puas banget keliling Puteri Gunung Hotel. Jadi lapar kan? Makan dulu yuk! Ada sajian menarik dari Puteri Gunung Hotel, selain sajian saat sarapan tentunya.

Restaurant, F&B, Kulineran!

Kalau sebelumnya sudah bicara tentang nyamannya kamar serta lengkapnya fasilitas di Puteri Gunung Hotel, sekarang kita lihat dan coba yuk ada menu apa saja di sini. Jadi, selain untuk sarapan, Puteri Gunung Hotel menyediakan makan siang dan makan malam yang bisa dipesan ala carte atau melalui layanan kamar.

Kali ini aku mencoba menu yang akan menjadi menu promo selama bulan April dan Mei. Nama rangkaian menunya, Seafood Festival. Wiih, berarti pelbagai sajian ikan atau udang nih. Jadi lapar.

Sebagai pembuka, aku mencoba Spaghetti Marinara. Apa bedanya dengan spaghetti pada umumnya? Di spaghetti marinara ini, pasta khas Italia terasa banget. Dipadu dengan aneka potongan seafood plus saus tomat yang khas pasta. Yummy!

Kalau ingin yang menu lokal? Ada pilihan lain nih, Sup Gurame ala Subang! Loh, Gurame kan ikan air tawar? Iya itu uniknya. Gurihnya daging ikan Gurame, dipadu dengan kaldu dan sup dari seafood. Rasanya segar banget! Disajikan panas-panas dengan nasi, wah cocok buat menghangatkan suasana.

Buat yang gak doyan nasi, atau ingin menu selain nasi dan pasta, Puteri Gunung Hotel punya Scampi and Chips. Konsepnya seperti Fish and Chips, hanya saja yang disajikan bukan ikan melainkan udang tepung yang super gurih. Duuuh aku mah doyan banget ini!

Belum lengkap makan kalau tanpa menikmati sajian penutup. Apalagi Puteri Gunung Hotel mempunyai Citrus Pie yang menyegarkan. Porsinya pun pas banget, disajikan secara cantik dan apik.

Selesai nih? Masih ada minuman-minuman yang tidak hanya menyegarkan tetapi juga menyehatkan. Bisa dipilih dari Carromilk, Maharaja, atau Lemony Swing. Segar banget!

Puas? Banget! Apalagi harganya pun tidak menguras kantong. Masing-masing menu makanan, masih di bawah Rp50.000 loh. Kalau minumannya, kisaran Rp20.000an. Murah? Banget! Tapi sama sekali gak murahan. 😍

Selain menu-menu ala carte tadi, tentunya di Puteri Gunung Hotel kita bisa menikmati sarapan. Disediakan di Tangkuban Parahu brasserie dengan konsep buffet all you can eat. Jadi bisa puas menikmati aneka menu yang ada. Tentu ditunjang konsep Tangkuban Parahu yang nyaman bagi tamu-tamunya.

Aku ambil apa saja hayo? Banyak banget! Untung menginap bareng-bareng, jadinya bisa saling bertukar pengalaman menu yang dirasakan. Soalnya pilihan menu sarapan di Tangkuban Parahu banyak sih, gak akan sanggup kalau mencoba semuanya. Berat, biar Dilan aja. Hahaha.

Gimana-gimana? Menu di Puteri Gunung Hotel menurut kamu ajib gak sih? Apalagi banyak promo menarik yang ditawarkan. Puas deh kulineran selama liburan. Padahal mah gak kemana-mana, cukup di Puteri Gunung Hotel saja.

Jadinya…

Seperti aku sampaikan di awal, tujuannya kali ini adalah murni liburan. Aku pun sukses mendapatkan liburan yang menyenangkan cukup dengan stay di Puteri Gunung Hotel. Luasnya yang bisa dieksplor, lengkap fasilitas, sampai beberapa hal yang gak akan ditemui di hotel-hotel lainnya.

Bisa family time banget! Liburannya dapat, mempererat kekeluargaan juga bisa didapat. Tidak heran kalau Puteri Gunung Hotel menjadi destinasi dan akomodasi favorit bagi banyak keluarga saat liburan ke Lembang.

Bisa family time banget

Apalagi ada 11 tipe kamar, mulai dari Rp600.000an, yang bisa dipilih. Tersedia total 130 unit yang siap memanjakan liburan kita. Kesemuanya memberikan kenyamanan dan pengalaman liburan yang menyenangkan.

Mau puas liburan dan gak ribet? Bermalam saja di Puteri Gunung Hotel. Yuk!

Puteri Gunung Hotel

Jln. Raya Tangkuban Perahu km. 16 – 17 Lembang 40391

T : +62 22 278 6650
E : reservation@puterigunung.com

IG : @puterigununghotel

One Response
  1. April 6, 2018

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: