Staycation di Dafam Rio Bandung : Kenyamanan yang Terjangkau di Lokasi Strategis

Main ke jalan Riau di Bandung tentu kita akan langsung paham kalau kawasan ini identik banget dengan FO dan kulineran. Memang sudah terkenal dan ramai sih untuk wisata belanja atau makan-makan. Aku jadi ingin main ke jalan Riau dan mencoba bermalam di salah satu hotel yang ada di sana.

Budget kisaran Rp300.000 per malam, tapi inginnya sudah include sarapan. Kamar standar lah; ada AC, TV kabel, air panas, dan sebagainya. Akses ke FO dekat, kulineran mudah, dan gak jauh dari ATM. Banyak banget sih maunya? Tapi gak apa-apa kan? Toh ternyata ada Dafam Rio Bandung yang bisa memenuhi semua kriteria itu.

Langsung dong aku menuju jalan L.L.R.E. Martadinata no. 160, atau di ujung jalan Riau yang dekat perempatan jalan Laswi. Seperti apa pengalaman stay aku di hotelnya Dafam Hotel Management ini? Yuk ikuti liputannya.

Sekilas Pandang

Sampailah aku di Dafam Rio Bandung yang mudah diakses dengan kendaraan umum atau pribadi. Kalau naik kendaraan umum, aku naik angkot warna putih relasi Riung – Dago. Turun tepat di seberang hotel Dafam Rio. Naik kendaraan pribadi juga disediakan lahan parkir yang aman.

Dafam Rio Bandung

Senyum dan sapa, dua hal yang senantiasa aku dapatkan di sini. Mulai dari petugas keamanan yang langsung sigap memayungi saat hujan turun, petugas FO, bahkan sampai aku check out semuanya terasa ramah banget. Padahal ini kali pertama aku main ke Dafam Rio Bandung, tapi aku merasa seperti tamu yang sudah berulang kali bermalam di sini. Lobby yang simpel tapi tetap memberikan kenyamanan dengan disediakan area duduk. Kalau kurang, ada lounge juga di dekat cafe. Bisa duduk lebih santai di sana.

Lobby Dafam Rio

Proses check in juga mudah dan cepat, langsung aku menuju kamar 311 yang menjadi markas aku kali ini. Kamarnya tipe deluxe, dan detailnya nanti kita bahas ya.

Kamar

Di Dafam Rio Bandung terdapat 4 tipe kamar. Ada smart, superior, deluxe, sampai executive. Masing-masing tidak terlalu jauh berbeda, kecuali di luas kamar dan beberapa fasilitas kamar tambahan. Aku sendiri bermalam di tipe Deluxe, yang cukup luas. Soalnya nanti teman-teman aku mau main ke sini, jadi biar gak sumpek hehehe.

Luas kan kamarnya? 😉

Kamarnya beneran luas loh. Iya, untuk rate 300ribuan kamar ini sudah termasuk luas. Tersedia TV layar datar dengan puluhan channel, meja dan kursi, lemari, sampai teko pemanas air. Satu hal yang langsung menarik perhatian aku, tempat tidur di sini memakai King Koil! Wow banget! Padahal biasanya King Koil untuk di hotel yang lebih mahal lagi, tapi Dafam Rio memberikan kenyamanan maksimal untuk tamu dengan tempat tidur dan bantal King Koil. Jempol!

Menengok ke kamar mandi, aku kaget lagi dengan sudah ada hair dryer. Wah idola banget nih biasanya kalau buat tamu perempuan hehehe. Perlengkapan mandi juga tersedia lengkap. Ada pembatas kaca untuk area shower dengan toilet. Hal ini nih yang membuat aku kembali bertanya, “Serius ini cuma Rp300ribuan?”

Sampai ada pengering rambut, lengkap!

Sekarang jalan kemana pun butuh internet, nah di Dafam Rio Bandung tersedia wifi yang mudah diakses. Koneksinya juga stabil, gak bikin emosi. Bisa deh streaming serial favorit aku nanti malam hihihi.

Fasilitas

Meski Dafam Rio Bandung hanya berkisar 300ribu per malam, bukan berarti gak ada fasilitas apa-apa di sini. Ada meeting room yang bisa digunakan untuk rapat, seminar kecil, atau sertifikasi. Meeting room terletak di lantai 1, dekat lobby dan Rio Cafe.

Ada pula lounge di dekat Rio Cafe yang bisa digunakan untuk bersantai. Seperti yang aku singgung di awal tadi, kalau lobby terasa penuh ya kita bisa menunggu atau duduk sejenak di sini. Nyaman kok! Disediakan banyak bacaan seperti majalah dan koran.

Lounge di dekat Rio Cafe

Satu hal yang istimewa adalah, hotel ini punya akses khusus ke Riau Stock Mall. Salah satu FO di jalan Riau yang koleksinya lengkap, harganya terjangkau. Bahkan bisa semakin terjangkau loh, soalnya ada diskon khusus kalau tamu hotel Dafam Rio berbelanja di sini. Sudah belanjanya mudah, gak perlu kepanasan dan kehujanan, eh dapat diskon tambahan. Asyiiik!

Belanja dulu yuuk!

Kalau kurang kebutuhan bermalam, Dafam Rio bersebelahan dengan salah satu minimarket. Lumayan bisa beli kebutuhan harian yang kurang. Kalau uangnya gak cukup atau belum ambil tunai? Ada ATM juga di minimarketnya. Mudah deh, gak perlu kemana-mana.

Tapi aku kan gak cuma di hotel doang seharian, ada beberapa aktivitas seru lainnya yang bisa aku lakukan saat stay di sini.

Aktivitas

Itu tadi fasilitas yang bisa aku lakukan di hotel, kalau jalan-jalan, kulineran, dan wisata? Atau beli oleh-oleh? Ternyata banyak banget yang dekat dari Dafam Rio Bandung.

Ada Baso Cuanki/Batagor Serayu yang melegenda banget. Berlokasi di jalan Serayu no. 2, kalau naik mobil/motor hanya 3 menit. Kalau jalan kaki, sekitar 10 menit sudah sampai. Menu andalannya jelas bakso cuanki, sudah melegenda banget. Cus aja ke sini, cuma Rp17ribu per porsi hihihi.

Bakso cuanki yang legenda nih!

Atau mau makan di tempat yang bernuansa cantik dan cocok untuk ngopi dan ngeteh? Bisa ke Lazy Lolla di jalan Anggrek. Cafe ini cantik banget, bahkan menu yang disajikan pun terlihat cantik-cantik. Sore-sore menikmati Crepes dan Dark Chocolate, terasa hilang semua beban pikiran. Tenang banget. Oh iya, Lazy Lolla ini hanya 3 menit jalan kaki dari Dafam Rio Bandung loh!

Ngemil dulu aah 😋

Tahu krispi 😋

Dark Chocolate atau Coffee Avocado yaa?

Tadi dua kulineran yang aku pilih, keduanya dekat banget sih dari Dafam Rio. Kalau mau jalan-jalan yang dekat? Ada dua taman tematik yang dekat banget, hanya 5 menit berjalan kaki. Ada Taman Superhero dan Taman Foto Bandung. Kedua taman itu masih bisa kita manfaatkan dengan baik loh, meski kesan pertamanya sudah gak terlalu bagus. Hanya saja fasilitas publiknya masih terjaga, pun kebersihannya. Makanya masih ramai yang main ke kedua taman ini.

Taman Superhero Bandung

Taman Foto Bandung

Nah biar lengkap, sekalian ke tempat oleh-oleh. Karena di jalan Kemuning, sekitar 6 menit berjalan kaki dari Dafam Rio, ada Prima Rasa Bakery and Pastry. Wah super lengkap deh di sini, mau oleh-oleh apa saja ada. Harganya juga terjangkau, jadi wajar dong kalau ramai terus hihihi.

Primarasa Jalan Kemuning

Beli apa yaaa? 😄

Beneran kan di Dafam Rio Bandung kamu bisa puas eksplor kemana saja. Karena nilai lebih dari Dafam Rio Bandung ini memang di lokasinya, selain karena terjangkau dan keramahannya.

Rio Cafe

Puas jalan-jalan, ditambah tempat tidur yang nyaman, bangun pagi terasa segar dan perut lapar. Waktunya kita ke Rio Cafe nih, ada apa saja sih menu sarapan di sini?

Rio Cafe

Ternyata menu sarapan di Rio Cafe sangat kental dengan nuansa lokal/tradisional. Aku senang banget waktu ketemu dengan sayur lodeh. Iya, bisa makan sayur lodeh di hotel ini sesuatu banget. Soalnya sayur lodeh salah satu sayur kesukaan aku. Pantesan lahap dan banyak makannya hihihi.

Sarapan di Dafam Rio Bandung

Rio Cafe juga menyediakan loh untuk makan siang, makan malam, dan layanan kamar. Aku sempat mencoba kegurihan ayam penyet yang cuma Rp30ribu sudah termasuk es teh. Murah? Banget! Menu lainnya juga terjangkau, tapi pesan satu menu saja sudah bikin kenyang. Porsinya mantap nian.

Puas makannya, puas belanjanya, puas jalan-jalannya, puas istirahatnya. Wah banget kan di Dafam Rio Bandung?

Jadinya…

Buat hotel yang budgetnya kisaran Rp300ribu per malam, Dafam Rio Bandung sudah memenuhi ekspektasi banget. Fasilitasnya, kenyamanannya, keramahannya, lokasinya, pun terjangkau menu makanan-minumannya. Bikin senyum mengembang karena dompet tetap aman.

Gak heran kalau Dafam Rio Bandung nampak selalu ramai. Dengan segala kelebihan yang ditawarkan, wajar rasanya hotel ini menjadi pilihan bagi mereka yang berkunjung ke Bandung.

Aku saja menjadi kerasan dan ingin main ke sini lagi suatu waktu. Kalau kamu, juga merasa begitu kan? Kapan stay di Dafam Rio Bandung? 😉

Hotel Dafam Rio Bandung
Jln. L. L. R. E. Martadinata (Riau) no. 160 Bandung 40113

IG: @dafamriobandung
T : +62 22 8724 3460
E : info@dafam-riobandung.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: