Menginap Murah Di Bandung; Rekomendasi Penginapan Rp100ribuan per Malam

Bandung memang kota dengan penuh pesona. Tidak hanya dari keindahan alam, tetapi dari kultur budaya hingga kulineran pun memanjakan siapa pun yang berkunjung ke sana. Pantas saja tiap pekannya Bandung selalu ramai wisatawan.

Bandung yang penuh pesona

Jadi teringat, waktu tahun 2008, aku masih buta dengan daerah Bandung. Maklum, sebelumnya cuma dua kali pernah ke kota ini. Itu pun bareng studi kampus di sekolah. Alhasil waktu menuju kota ini untuk daftar ulang kuliah dulu, sempat bingung mau bermalam dimana.

Dulu belum seperti sekarang yang dimudahkan banget dengan OTA seperti Traveloka, Tiket.com, Pegipegi, dan lain sebagainya. Jadi untuk tahu info hotel ya harus langsung bertanya dari hotel satu ke lainnya. Hingga akhirnya terpaksa bermalam di penginapan murah meriah yang sama sekali gak layak. Maklum, kantong pas-pasan.

Apa sih kriteria penginapan murah yang layak buat aku? Pastinya sih ada beberapa hal yang gak bisa ditoleransi, seperti kebersihan dan keamanan. Kalau kenyamanan, masih bisa diupayakan. Fasilitas pun aku tidak pernah berharap banyak.

Ternyata di Bandung, banyak banget penginapan/hotel kisaran Rp100.000 per malam yang sudah aman dan nyaman. Minimal ada TV kabel, internet, sampai kamar mandi di dalam. Beberapa diantaranya malah menyediakan sarapan makanan berat. Apa saja sih? Yuk cek satu per satu.

1. Cipedes Tengah 195 (CT 195)

Penginapan yang satu ini memang awalnya kost-kostan. Dewasa ini mulai menjamur kost harian yang menjadi alternatif menginap murah pilihan. Seperti di CT 195 yang kamarnya sudah ber-AC, ada TV kabel, internet, kamar mandi dengan air panas, dan kita bisa refill minum sepuasnya di ruang bersama. Bahkan ada kopi dan teh. Handuk pun sudah disediakan beserta alat mandinya. Murah? Banget!

Berlokasi di Jalan Cipedes Tengah, dekat dari Jalan Prof. Sutami atau kawasan Karang Setra. Lebih cocok buat kamu yang mau jelajah wilayah-wilayah ini sampai ke PVJ atau Sukajadi. Kecuali kalau mau melewati kemacetan kota Bandung sih, gak masalah ya.

Membawa kendaraan pribadi pun tidak masalah. Area parkir luas sangat bisa menampung kendaraan tamu. Kalau kendaraan umum, dari terminal naik DAMRI ke Ledeng turun di Karang Setra. Dari sana naik angkot yang masuk ke dalam, turun di perempatan Cipedes Tengah. Tinggal jalan kaki, sampai deh. Dari stasiun juga sama, hanya saja naiknya angkot yang ke Lembang ya.

CT 195 sendiri bisa dibooking melalui banyak OTA. Kalau favorit aku sih booking lewat ZenRooms, karena lebih murah dan masih bisa dapat diskon 20% kalau pakai kode ZENVIPHOTELOPEDIA. Rate di ZenRooms sendiri untuk CT 195 hanya Rp109.000 per malamnya. Murah banget kan? Pakai diskon jadi cuma Rp90.000 deh. Oh iya, di CT 195 ini tidak dimintai deposit. Asyik banget kan?

Tampak depan CT 195

CT 195

Ruang santai, bisa refill minum dan bikin teh/kopi

Kamar aku di CT 195

2. Elenor’s Home

Penginapan murah kedua yang menjadi favorit aku di Bandung adalah Elenor’s Home. Lokasinya di Jalan Boscha II no. 105, dekat SPBU / Kantor Pos Cipaganti. Kalau mau mainnya ke Cihampelas dan sekitarnya cocok banget bermalam di sini.

Kamarnya ada dua tipe saja; Single dan Deluxe. Masing-masing sudah difasilitasi kamar mandi di dalam dengan air panas, TV kabel, dan internet nirkabel. Gak perlu AC karena daerahnya sudah adem, tapi tetap dikasih kipas angin kok. Oh iya, handuk sudah disediakan jadi gak perlu bingung kalau mau mandi ya.

Aku suka bermalam di sini karena orangnya ramah-ramah. Bisa refill minum dan bikin teh/kopi sepuasnya. Serta disediakan sarapan prasmanan ala masakan rumahan. Gak heran kalau Elenor’s Home sering banget penuh, apalagi rate per malamnya hanya Rp125.000 untuk yang Single dan Rp150.000 untuk yang Deluxe. Kalau rate saat weekend memang ada kenaikan sih, tapi masih terjangkau kok.

Sekilas Elenor’s Home

3. subWOW Hostel Bandung

Kalau yang satu ini, hostel unik yang baru sekitar 1 tahun hadir di kota Bandung. Bagaimana tidak unik kalau hostel yang biasanya satu kamar bisa ber-4 sampai ber-6 orang bahkan lebih, di subWOW Hostel tersedia kamar Single Private yang sudah memadai serta nyaman untuk istirahat.

Asyiknya nih, meski kamar Single Privat ini ukurannya tidak luas, fasilitasnya sudah lengkap untuk kelasnya hostel. Di kamar tersedia TV kabel, kamar mandi air panas, sampai internet nirkabel kecepatan tinggi. Belum lagi kita bisa refill air minum sesuka hati. Pada pagi hari, kita akan mendapatkan sarapan 1 porsi nasi beserta lauk, sayur, irisan buah, sampai ada kerupuk, acar, dan sambal. Lengkap!

Lokasinya di Jalan Riau, atau persisnya di Jalan L. L. R. E. Martadinata no. 217 Bandung. Loh bukannya di sana adanya Grand Tebu Hotel ya? Iya, subWOW berada di area basement dari Grand Tebu.

Rate per malamnya untuk kamar Single Private yang biasa aku inapi hanya Rp128.000 per malam. Murah banget kan? Perlengkapan mandi memang tidak disediakan, tapi kita dapat membelinya di FO dengan harga terjangkau. Atau bisa ke minimarket yang hanya 3 menit berjalan kaki. Untuk tamu pada saat check in, ada deposit ya Rp50.000 yang akan dikembalikan saat check out.

Grand Tebu, tempatnya subWOW ada di sini ya

Ada rental sepeda dari O-Bike

Kamar Single Private

Resepsionis

Sarapan di subWOW. Kopi mah bawa sendiri hehehe

4. Cipaganti Inn (Dulunya Pulas Inn)

Berlanjut ke penginapan murah yang lokasinya di Jalan Hegar Asih. Patokannya jalan di seberang Radio Ardan Bandung. Masih kawasan Cipaganti, jadi ya cocok untuk yang mau jelajah ke kawasan Cihampelas.

Penginapan yang satu ini sudah cukup dikenal di kalangan backpacker. Wajar aja sih, kamarnya sudah difasilitasi kamar mandi dengan air panas (handuk disediakan), TV kabel, kipas angin, dan internet nirkabel. Selain itu ada ruang bersama dan dapur yang bisa digunakan. Cocok untuk traveler yang menginap agak lama tapi ingin lebih berhemat.

Rate per malam mulai dari Rp150ribuan untuk kamar tipe Single. Tersedia pula kamar tipe Superior dan kamar yang cocok untuk keluarga. Masih termasuk murah bukan? Apalagi pada pagi hari kita mendapat sarapan makanan berat.

Cipaganti Inn

Ini kamar yang Superior

Dapur bersama

5. SM 11 Residence

Lanjut lagi ke penginapan yang dekat dengan GT Pasteur. Lokasinya di dekat kampus Maranatha Bandung. Pastinya jadi banyak kuliner murah tersedia. Tidak perlu bingung untuk mencari makanan hehehe.

Kamarnya sendiri sudah difasilitasi kamar mandi di dalam dengan air panas, TV kabel, internet nirkabel, dan AC. Perlengkapan mandi pun disediakan, asyik bukan? Di penginapannya juga tersedia dapur bersama, jadi cocok untuk yang mau long stay.

Untuk rate, di ZenRooms dibanderol Rp160.000an saja per malam. Itu belum termasuk diskon ya. Bisa lebih murah kalau pakai kode ZENVIPHOTELOPEDIA, ada diskonnya 20% tanpa minimum transaksi. Cus lah jadi alternatif bermalam murah saat ke Bandung.

Booking via zenrooms.com jauh lebih murah

Kamarnya nyaman

Ada dapur bersama pula

6. Sa Ci Guesthouse

Kalau yang satu ini, lokasinya dekat Pasteur. Tidak jauh dari Hyperpoint dan hotel Holiday Inn. Akses kendaraan umum tersedia, kalau parkiran memang sedikit terbatas ruangnya.

Kamarnya aku suka banget. Sudah ada AC, TV kabel, internet, kamar mandi air panas, dan kulkas. Iya, ada kulkas 1 pintu seperti di rumahan. Untuk kuliner, masih mudah kok. Tidak jauh dari Sa Ci Guesthouse ada rumah makan khas Padang yang terjangkau.

Rate per malam di kisaran Rp180.000an, paling tinggi dari semua penginapan murah yang aku sarankan. Meski ya memadai banget sih dengan fasilitasnya. Ada deposit Rp200.000 yang akan dikembalikan pada waktu check out. Stafnya ramah-ramah, jangan sungkan meminta bantuan bila memang sedang kita butuhkan ya.

Loh Sudah?

Iya, itu dulu rangkuman rekomendasi penginapan murah di Bandung. Kesemuanya pernah aku inapi kok, jadi murni dari pengalaman sendiri. Semoga bisa menjadi referensi liburan atau perjalanan hemat kamu ya.

Kalau booking kamar-kamar murah di ZenRooms, jangan lupa pakai kode ZENVIPHOTELOPEDIA biar kamu langsung dapat diskon 20%. Bisa lebih hemat, lebih asyik kan jalan-jalannya?

Bermalam murah dan nyaman di Bandung? Bisa banget ternyata! Aku sudah mencoba nih, kamu kapan?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: