ASTON Inn Pandanaran, Pilihan Tepat Bermalam di Kota Semarang

Pernah mendadak harus keluar kota? Aku sih sering banget ada perjalanan yang sebelumnya tidak terencana tetapi akhirnya masuk ke dalam agenda. Seperti perjalanan ke Semarang yang baru saja aku lakukan ini.

Tentu banyak hal yang harus disiapkan. Mulai dari tiket perjalanan sampai akomodasi yang akan dijadikan tempat bermalam. Pusing? Enggak juga kok. Karena aku sudah ada andalan untuk mencari akomodasi yang sesuai kebutuhan di kota-kota yang akan aku kunjungi.

Salah satunya adalah mengecek aplikasi Archipelago Membership yang sudah lama selalu aku pakai. Dengan aplikasi ini, aku bisa mengecek dan memesan hotel-hotelnya Archipelago International (grup yang mengelola ASTON Hotel dkk) dengan rate terjangkau dan metode pembayaran yang mudah. Karena aku bisa mendapatkan potongan setidaknya 15% dari harga di website, dan pembayaran bisa aku lakukan pada saat check in ke hotel.

Terus bagaimana cerita perjalanannya di Semarang? Seperti apa hotel yang akhirnya aku pilih untuk bermalam? Simak ulasan lengkapnya yuk, tentang ASTON Inn Pandanaran Semarang yang menjadi rumah aku selama berada di Semarang.

Menuju Semarang

Kalau bepergian keluar kota, moda transportasi favorit yang aku pilih adalah kereta. Selain nyaman dan terjadwal, aku senang bisa merasakan perjalanan dengan sedikit lebih santai. Pun aku bisa mengerjakan beberapa tulisan selagi dalam perjalanan.

Karena itulah perjalanan aku ke Semarang akhirnya menggunakan KA Harina, relasi Bandung – Surabaya Pasar Turi yang juga berhenti di Stasiun Semarang Tawang. Selain KA Harina, untuk menuju ke Semarang dari Bandung juga terdapat KA Ciremai Ekspress. Menempuh perjalanan sekitar 7 jam, aku pun sampai di kota Semarang tanpa terkendala oleh kemacetan.

Sesampai di Stasiun Semarang Tawang, aku bisa saja meminta layanan jemput dari ASTON Inn Pandanaran. Karena memang ada fasilitas penjemputan yang disediakan. Namun karena letak stasiun sangat dekat dengan Kota Lama, mengapa tidak sekalian eksplorasi sejenak saja? Baru kemudian aku melanjutkan perjalanan ke hotel. Toh transportasi publik di Semarang sudah banyak pilihannya. Mulai dari Trans Semarang, bus dalam kota, sampai angkutan minibus semua tersedia. Atau hendak menggunakan layanan transportasi daring? Di Semarang juga sudah ada.

Jadi, jalan-jalan singkat dulu deh. Selagi pagi, masih belum terlalu menyengat panasnya matahari. Pun lokasi yang mau aku foto masih cenderung sepi.

Sekilas Pandang ASTON Inn Pandanaran

Puas jalan-jalan singkat, aku bergegas menuju ASTON Inn Pandanaran. Karena sudah lelah, akhirnya aku memilih menggunakan transportasi daring sebagai pilihan. Hanya 5 menit berkendara, sampailah aku di hotel yang dikelola Archipelago International ini.

Berlokasi di Jalan Pandanaran, tepat di seberang Bandeng Juwana, lokasi ASTON Inn Pandanaran mudah dicari. Di Semarang sendiri ada banyak properti yang dikelola oleh Archipelago International. Selain ASTON Inn di Jalan Pandanaran, ada pula ASTON Hotel Semarang di dekat Kota Lama. Pun ada Quest Hotel Semarang di Jalan Plampitan, dan di kawasan Semarang atas ada Neo Candi Hotel serta Favehotel Diponegoro Semarang.

Sekilas aku melihat, bangunan ASTON Inn Pandanaran cukup khas dengan nuansa modern. Dengan tinggi 12 lantai, membuatnya sudah dapat terlihat dari kejauhan. Untuk masuk ke dalam, bisa melalui Rosti Cafe atau lewat Jalan Pekunden dan langsung menuju pintu lobi.

Sambutan dan sapaan hangat langsung aku dapat sejak turun dari mobil. Kesan ramah memang kerap aku temukan di hotel-hotelnya Archipelago International.

Lobi yang modern dan simpel dilengkapi banyak sofa menjadikannya nyaman. Apalagi pendingin udara membuatnya sejuk, kontras dengan suhu di luar yang terasa panas. Jadi langsung adem pas masuk. Proses check in mudah dan cepat, apalagi kalau reservasi menggunakan Archipelago Membership. Semua request yang aku pinta, disediakan dengan baik.

Kunci kamar sudah didapat, langsung ke atas yuk!

Kamar

Di ASTON Inn Pandanaran ada tiga tipe kamar yang bisa kita pesan. Ada kamar deluxe, executive, dan suite. Aku sih merasa cukup dengan kamar deluxe, toh bepergian sendiri kamar seluas 22 meter persegi tentu sudah memadai.

“Klik”

Begitu membuka pintu, aku langsung menemukan kamar yang simpel tetapi berfasilitas lengkap. Adanya tempat tidur dengan linen yang lembut, TV kabel dengan layar 40 inch, teko pemanas air lengkap dengan pilihan teh dan kopi, sampai kulkas mini yang termasuk jarang aku temukan di hotel dengan rate sekelas.

Kecepatan internet pun memuaskan. Kalau fasilitas di kamar yang aku sayangkan hanya banyaknya channel di TV yang tidak bisa diakses. Meski hal seperti ini mudah untuk dibenahi selanjutnya. Bukan masalah besar.

Jendela menawarkan pemandangan kota. Sayangnya buat aku sih, jendela termasuk nanggung dan kurang lebar. Sehingga kurang puas menikmati pemandangan. Meski masih bisa kita nikmati sembari duduk di dekat meja, lumayan menyegarkan pikiran.

Lantai kayu membuat kamar di ASTON Inn Pandanaran terasa mewah dan elegan. Ah nama besar ASTON memang tidak pernah membuat aku kecewa sih. Padahal rate yang aku dapatkan di aplikasi, terjangkau banget loh!

Kamar mandinya sendiri cukup luas. Adanya pembatas area shower dan toilet membuat aku tidak khawatir akan banyaknya genangan. Debit air mengalir deras dengan air panas yang lancar tersedia. Amenities di kamar mandi pun lengkap, dan untuk kaum hawa nih, ada pengering rambut! Biasanya kan dicari banget nih fasilitas hair dryer begini.

Terlalu merasa nyaman di kamar, bukan berarti aku hanya menghabiskan waktu di kamar seharian. Lagipula banyak hal menarik yang bisa aku dapatkan di ASTON Inn Pandanaran Semarang.

Aktivitas dan Fasilitas

Sudah lumrah kita ketahui kalau hotel-hotelnya Archipelago International pasti punya banyak fasilitas untuk memanjakan tamunya. Termasuk di ASTON Inn Pandanaran ini.

Berlokasi strategis, tidak heran kalau MICE banyak dilakukan di hotel ini. Selama aku menginap, rasanya meeting room dan ballroom ada saja yang menggunakan. Mulai dari pribadi, corporate, sampai lembaga negara.

Terdapat 5 meeting rooms dan 1 ballroom yang sanggup mengakomodasi sampai 600 tamu. Kesemua meeting room, termasuk Arcadia Ballroom, terdapat di lantai 2.

Selain fasilitas MICE, di ASTON Inn Pandanaran terdapat SkyLounge dan SkyPool yang terdapat di lantai 12. Di sini, kita bisa memesan aneka menu makanan serta menikmati pemandangan kota Semarang yang menakjubkan. Salah satu saran aku sih, naik ke atas saat pagi hari. Karena salah satu momen terbaik untuk berfoto di sini adalah sesaat setelah matahari terbit.

Fasilitas SkyPool sendiri cukup aman untuk keluarga. Karena secara terpisah terdapat kolam untuk anak-anak. Kolam dewasanya sendiri tidak terlalu dalam, hanya 1.3 meter kedalamannya. Untuk handuk, ruang bilas, dan ruang ganti ada di dekat pool juga kok. Lengkap!

Kalau di dekat ASTON Inn Pandanaran, kita bisa berwisata ke Simpang Lima. Pada Minggu pagi, di sini menjadi pusat kegiatan Car Free Day. Atau jalan-jalan ke Lawang Sewu pun dekat. Berjalan kaki cukup 5 – 10 menit saja. Hendak belanja? Ke pusat perbelanjaan di Semarang pun mudah menjangkau. Atau beli oleh-oleh? Tinggal meyeberang ke Bandeng Juwana Pandanaran. Kulineran yang murah meriah pun banyak terdapat di sekitar ASTON Inn Pandanaran, seperti soto ayam kampung di Kedai Jempol seberang Aston Inn Pandanaran yang dibanderol Rp12.000 per porsinya.

Tuh, sudah kamarnya asyik, rate terjangkau, fasilitas ajib, eh lokasinya pun asyik. Kurang apalagi sih di ASTON Inn Pandanaran?

Food and Beverage

Sebenarnya di ASTON Inn Pandanaran ada Arcadia Restaurant di lantai 2, yang lebih difokuskan untuk menyediakan kebutuhan kuliner tamu-tamunya. Namun selama aku menginap, tamu-tamu diarahkan untuk menikmati kuliner di SkyLounge lantai 12.

Dua malam menginap, aku selalu puas dengan sarapan yang disajikan. Dari segi variasi, cukup banyak pilihan. Sementara dari segi rasa, sangat terjaga! Nasi goreng surabaya yang menjadi menu sarapan, rasanya pas banget di lidah. Pun dengan ikan dori yang lembut dan bikin aku ketagihan.

Tersedia pula aneka jus dan minuman. Tidak lupa jamu, pun turut disajikan. Sayangnya dua hari menginap, jus yang disediakan tidak berubah. Tetap orange dan guava juice. Meski segarnya pas banget kok.

Kalau hendak merokok, disediakan area merokok di outdoor SkyLounge. Jadi benar-benar terpisah. Aku yang memang kurang suka asap rokok pun merasa aman dan nyaman selama menikmati aneka makanan.

Jadinya …

Sebagai hotel yang termasuk baru, ASTON Inn Pandanaran langsung menarik perhatian. Dengan bangunan menarik, rate terjangkau, fasilitas kamar dan hotel yang lengkap, tentu menarik bagi para wisatawan. Apalagi bila memesan menggunakan aplikasi Archipelago Membership, semakin banyak lagi keuntungan.

Pun demikian, ASTON Inn Pandanaran masih dalam tahap penyempurnaan dan penyelesaian. Rasanya tidak sabar akan menjadi seperti apa ketika fasilitas-fasilitas di ASTON Inn Pandanaran sudah lengkap tersedia semuanya. Begini pun, sudah memuaskan bagi para tamu. Termasuk aku tentunya. Apalagi menu yang disajikan saat sarapan, boleh dikategorikan jempolan.

Menjadi salah satu rekomendasi deh kalau ingin bermalam di Kota Semarang. Rate yang bersaing dengan lokasi strategis menjadi alasan. Apalagi nama besar Archipelago International, tentu akan menjadi salah satu pertimbangan.

Bermalam lagi di ASTON Inn Pandanaran? Aku sih mau banget! Kamu juga, kan?

ASTON Inn Pandanaran

Jalan Pandanaran no. 40 Semarang Jawa Tengah 50134

T : +62 24 7644 2237

E : pandanaraninfo@astonhotelsinternational.com

IG : @astoninnpandanaransemarang

2 Comments
  1. October 24, 2018
    • October 26, 2018

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: