Liburan ke Solo, Solo Ya Sunan

Berkunjung ke Solo, aku teringat sewaktu eksplor kota yang satu ini pada tahun 2015. Bisa dibilang, 2015 adalah salah satu tahun aku paling sering berkelana. Baik di Indonesia atau ke negeri tetangga.

Suatu sore di Solo

Jalan-jalan di Solo tahun 2015

Pada saat itu, aku sengaja memilih satu hotel yang konsisten berada di peringkat 1 TripAdvisor. FYI, TripAdvisor masih menjadi salah satu tolok ukur dan pertimbanganku dalam memilih hotel. Sampai saat ini.

Nah kebetulan aku kembali berkesempatan main ke Solo. Setelah 4 tahun, sekalian deh bernostalgia dengan hotel yang kuat dengan paduan tradisional, kenyamanan, dan tak lekang oleh zaman.

Penasaran?

The Sunan Hotel Solo

Solo Ya Sunan!

Tagline dari hotel ini memang begitu membekas dan berkesan. Rasanya wajar sih, mengingat terasa banget kalau semua nilai yang ada di Solo bisa kita dapatkan di The Sunan Hotel Solo.

Menuju The Sunan Hotel Solo, aku mengandalkan transportasi daring. Berbeda dengan empat tahun lalu, di mana opsi transportasi di Solo masih terbatas. Kini adanya transportasi daring, aktivitasku semakin mudah dan leluasa. Meski sebenarnya, di Solo ada banyak opsi transportasi publik yang bisa digunakan.

Berpose pas pertama kali ke sini, Mei 2015

Sampai di area The Sunan Hotel Solo yang luas dan megah. Disambut sapaan dan senyuman hangat, membuatku (lagi-lagi) teringat betapa aku merasakan bagai di rumah sendiri selama di sini. Staf dengan sigap membukakan pintu dan menawarkan bantuan membawakan barang. Dua hal yang menurutku lazim ada di hotel berbintang mewah, tapi kini sedikit jarang aku temui.

Ah kesan pertama yang sangat aku suka.

Sekilas Pandang

Melanjutkan kesan megah dan mewah yang aku dapatkan, lobby The Sunan Hotel Solo pun nampak menawan serta nyaman. Luas dengan langit-langit tinggi, sebagaimana hotel mewah lain pada zamannya. Terdapat banyak sofa nyaman, lengkap dengan welcome drink infuse water yang menyegarkan.

Sekilas pandang lobby Sunan Hotel

Proses check in pun mudah, apalagi kalau kamu reservasi langsung dari website The Sunan Hotel Solo (thesunanhotelsolo.com). Mendapat rate terbaik? Tentunya.

Tidak perlu lama bagiku untuk mendapatkan kunci kamar. Bila tahun 2015 aku menginap di kamar The Sunan Hotel Solo tipe Deluxe, maka kali ini aku mau mencoba kamar tipe lain nih. Ada di gedung baru juga. Hmm, penasaran!

Kamar The Sunan Hotel Solo

Di The Sunan Hotel Solo ada beberapa tipe kamar favorit. Pertama Deluxe, yang pernah aku inapi tahun 2015. Mempunyai luas 28 meter persegi dengan desain yang klasik. Lantai dilapisi karpet, lengkap dengan sofa yang nyaman.

Di tipe kamar ini, kamu bisa mendapati kamar mandi dengan bathtub. Fasilitas ini yang membuatku memilih kamar tipe Deluxe pada kunjungan pertama ke Sunan Hotel tahun 2015.

Kenangan waktu mencoba tipe Deluxe

Tipe kedua adalah Executive Business yang merupakan tipe baru dan terdapat di gedung yang baru. Luasnya serupa dengan tipe Deluxe, hanya saja sentuhan interior yang lebih modern menjadi pembeda. Masih dengan tema klasik tradisional, dengan penataan apik yang pastinya bikin betah.

Pada kali ini, aku mencoba kamar tipe Executive Business. Fasilitasnya? Sangat lengkap untuk ukuran hotel bintang empat. Mulai dari tempat tidur ukuran King, safety box, lemari yang besar, sofa dan meja kerja yang nyaman, teko pemanas air lengkap dengan teh Twinings, dan kulkas mini tentunya. Eh jangan lupa, di kamar The Sunan Hotel Solo tersedia guling ya! Yeay!

Tempat tidur dengan guling yang nyaman

Kamar tipe executive business yang apik

Teh Twinings!

Kamar mandinya tentu berbeda dengan tipe Deluxe. Kalau di tipe Executive Business ini, semuanya memakai konsep standing shower. Asyiknya, tersedia keran khusus yang membuatku mudah untuk berwudhu. Air panas pun mengalir lancar tanpa kendala.

Amenities tentu tersedia lengkap. Mulai dari slipper, sikat gigi, sabun, lotion, sampai pencukur pun ada. Tak lupa ada pengering rambut yang biasa diincar oleh kaum Hawa. Handuk pun tersedia lengkap, bahkan ada handuk tangan dan handuk muka.

Lengkap!

Kamar mandinya lega

Konsep kamar mandinya pun unik, dengan adanya jendela yang dapat digeser. Jadi buatku yang hobi menonton, aku tetap bisa nonton TV nih dari kamar mandi hehehe.

Selain dua tipe di atas ada tipe Junior Suite yang luas kamarnya 54 meter persegi, Suite Room yang luasnya 84 meter persegi, dan President Suite yang luasnya 112 meter persegi.

Lengkap Pilihan Kuliner

Sebagai hotel yang sudah konsisten dengan peringkat 1 di Kota Solo, tentu The Sunan Hotel Solo dikenal sangat lengkap pilihan kulinernya. Ada Royal Expresso Coffe yang menyediakan aneka kopi, minuman, dan kue dengan harga menarik. Tersedia di area lobby, cocok untuk bersantai dengan nyaman.

Di lantai Mezzanine terdapat Embassy Wine Lounge & Shop dan Imperial Taste. Nah di Embassy Wine tersedia aneka wine impor dengan harga kompetitif. Menarik!

Imperial Taste

Sementara Imperial Taste konsisten hadir dengan tema dan menu chinese food-nya. Sudah dikenal lama sebagai salah satu restoran dengan chinese food dan dim sum terbaik. Aku pun sengaja mencoba beberapa menunya. Memanjakan lidah dan rasanya mau banget nambah terus. Beruntung dari segi harga, Imperial Taste sangat bersaing dengan restoran chinese food lainnya.

Beberapa menu di Imperial Taste nih 😋

Selain itu, ada Narendra Restaurant yang menyajikan aneka menu lokal dan internasional. Di Narendra Restaurant pula tamu The Sunan Hotel Solo bisa sarapan. The Sunan Hotel Solo dikenal sebagai salah satu hotel yang variasi menu sarapannya sangat beragam. Rasanya sih, duduk di Narendra dari pukul 6 sampai 10 pagi pun belum cukup untuk mencoba semua menunya.

Tempatnya juga nyaman dan luas. Berbatasan langsung dengan area kolam renang.

Makan malam di Narendra Restaurant

Aku sih di Narendra menikmati menu makan malam. Kesannya yang hangat, cocok untuk makan malam dan quality time bersama yang disayang. Di sudut Narendra Restaurant juga ada Ohsyu Ramen yang tentunya menyajikan 9 pilihan ramen khas Sunan yang wajib dicoba.

Kalau ingin menikmati sarapan di kamar, di The Sunan Hotel Solo pun bisa. Aku sendiri meminta layanan sarapan di kamar dengan konsep American Breakfast. Kapan lagi bisa sarapan santai ala sultan begini coba?

Sarapan di kamar 😍

Aktivitas dan Fasilitas

Lengkapnya pilihan kuliner, semakin istimewa karena The Sunan Hotel Solo dilengkapi dengan banyaknya fasilitas menggiurkan. Baik untuk fasilitas liburan, aneka pertemuan, sampai pekerjaan semua nampak terakomodasi dengan baik.

Untuk hiburan, ada Music Room yang dibuka dari pukul 18.00 sampai 02.00. Dilengkapi sound system terkini, Music Room merupakan bar yang pas banget untuk mengisi malam. Di Music Room sering ada event atau party mengundang DJ ternama loh.

Selain itu, ada pula Kids Club di lantai lobby. Lokasinya berdekatan dengan apotek dan business center. Jadi tidak perlu bingung dan jauh-jauh ya kalau kita ada perlu. Karena di The Sunan Hotel Solo semua tersedia.

Sebagai salah satu hotel besar dan megah di Solo, tentu The Sunan Hotel Solo memfasilitasi MICE dengan sangat baik. Bahkan The Sunan Hotel Solo bisa mengakomodasi pertemuan untuk 2.800 pax!

Sementara untuk kebugaran, di The Sunan Hotel Solo tersedia fasilitas Ayudi Spa, fitness center, dan pastinya kolam renang. Kolam renang di The Sunan Hotel Solo, ukurannya semi olympic. Pastinya luas dan lega dong untuk renang tamu-tamunya. Sementara ada pula kolam sedang dan kolam anak yang pastinya aman untuk tamu dengan keluarga.

Di kolam renang juga terdapat pool bar. Bisa dong untuk menemani santai sore dengan aneka minuman dan cemilan.

Jadinya …

Hotel di Solo memang semakin banyak, tetapi The Sunan Hotel Solo tak pernah lekang oleh zaman. Rasanya selalu sukses menanamkan kesan sebagai hotel terbaik di kota ini. Sesuai dengan tagline, Solo Ya Sunan yang diusung. Aku sebagai tamu bisa merasakan semua nilai positif dari Kota Solo selama kunjunganku beberapa waktu lalu.

Kota Solo memang masih menarik untuk menjadi tujuan wisata. Kultur budaya yang masih kental, transportasi menuju dan di dalam kota yang relatif mudah, dan adanya satu-satunya kereta yang berjalan di jalan raya menjadi pembeda. Belum lagi ada bus tingkat yang masih menjadi primadona untuk wisata. Kuliner? Jangan ditanya, karena banyak kuliner khas yang menggoda dicoba.

The Sunan Hotel Solo pun sukses menjadi jawaban atas semua kebutuhan pelancong. Kamar yang nyaman dengan nilai tradisional, kolam renang besar dengan fitness center memadai, menu sarapan paling beragam, sampai restoran chinese food yang tiada dua menjadi alasan.

Hotel Sunan itu di Solo. Solo, Ya Sunan!

The Sunan Hotel Solo

Jln. Ahmad Yani no. 40 Surakarta 57143

T : +62 271 731312

IG : @thesunanhotel

Leave a Reply

Your email address will not be published.

%d bloggers like this: