DUGDERAN Kemeriahan Ramadan di Sutasoma Hotel, The Tribrata Darmawangsa Jakarta

Buka puasa bagi kita itu memang tergantung selera. Ada yang inginnya mencoba menu berbuka dengan masakan lokal alias nusantara. Ada pula yang ingin sesekali berbuka dengan menu Timur Tengah. Lantas bagaimana kalau kita berbuka puasa di tempat yang lengkap menyajikan semua, dengan kualitas rasa terjaga dan kenyamanan nyaris paripurna?

Hal ini aku dapati saat mencoba paket buka puasa di Sutasoma Hotel, The Tribrata Darmawangsa, Jakarta Complex. Pada tahun ini mereka kembali menghadirkan QUBA Ramadan Pop Up Resto yang sejak tahun 2018 menawarkan konsep dan tema unik dalam menikmati buka puasa selama Ramadan.

Pada tahun 2022 ini, tema yang diangkat lebih merakyat dan tradisional. DUGDERAN yang artinya BEDUG dan Petasan. Konsep yang menggambarkan keceriaan, berkumpul bersama, silaturahim kembali. Rasanya seperti meluapkan kegembiraan setelah 2 tahun puasa kita seperti ada yang kurang akibat pandemi.

Lantas seperti apa sih DUGDERAN di Sutasoma Hotel, The Tribrata Darmawangsa Jakarta?

Sekilas Pandang

Ini untuk pertama kalinya aku datang ke Sutasoma Hotel, The Tribrata Darmawangsa Jakarta. Berlokasi tidak jauh dari Stasiun MRT Blok A, venue dengan arsitektur khas Yunani ini memang nampak mencolok dengan kemegahan yang elegan. Terasa banget vibes kemewahan yang ditawarkan.

Melewati gerbang, petugas keamanan sigap menyapa karena melihatku yang nampak kebingungan. Mungkin lebih tepatnya aku terkagum sih dengan bangunannya. Cantik mempesona.

Langsung aku bertanya lokasi DUGDERAN diadakan, tepatnya di The Aria Ballroom & Terrace. Terdapat di lantai 2 Kompleks The Tribrata Darmawangsa Jakarta. Bahkan petugas keamanan tadi dengan baik hati menunjukkan aku harus melalui jalan yang mana agar bisa segera sampai ke venue DUGDERAN.

DUGDERAN, Pesta dan Kemeriahan

Kemeriahan pesta rakyat langsung terasa saat aku keluar dari lift. Dekorasi yang totalitas menggambarkan kegembiraan selama Ramadan.

Berlokasi di The Aria Ballroom & Terrace tentu DUGDERAN ini memang dikonsep agar nyaman menerima hingga 400 tamu sebagaimana pada tahun 2019 lalu. Namun karena masih masa pandemi, pada awalan kali ini, diatur agar bisa menerima 250 – 300an tamu setiap harinya. Tentu dengan penerapan protokol kesehatan ya.

Kalau bicara soal menu yang disajikan, buatku pribadi benar-benar terpuaskan. Rasanya seperti aku mau makan apa saja, pasti ada pilihannya. Mulai dari Sup Buntut, Nasi Kebuli, Lontong Sayur, Laksa Singapore, Bakwan Malang, Ketoprak, aneka jenis sate daging, shawarma, Tauge Goreng, hingga pelbagai jenis jajanan pasar dan menu khas takjil saat berbuka pun ada.

Jangan lupakan pilihan minuman dan es yang tersedia. Mau kopi biasa atau kopi khas Turki yang khas dengan pasir panasnya pun ada. Tentu sekadar es campur, es kelapa muda, es cendol durian, aneka jus buah yang segar jelas tidak luput disajikan. Eh ada asinan juga ternyata, benar-benar lengkap.

Bahkan aku menemukan colenak dan otak-otak, dua menu yang jarang aku jumpai di sajian buka puasa hotel Jakarta. Apalagi otak-otak ya, bikin teringat seperti sedang menikmati makanan di pantai saja.

Menikmati sajian DUGDERAN pun bisa indoor atau outdoor. Bila outdoor, kita bisa menikmati pemandangan gedung tinggi khas Jakarta. Pada sore hari, bila cuaca cerah, ada spot cantik untuk berfoto di salah satu sisinya. Dengan latar matahari yang akan terbenam, menambah keindahan dari The Tribrata Darmawangsa.

Area oudoor ini juga banyak pilihan menu. Selain sate dan shawarma, ada pula aneka gorengan, mie kocok, mie ayam, bihun goreng, hingga nasi goreng. Meski ya tetap langgananku sate dan shawarma, dua menu favorit saat aku di mana saja.

Kemeriahan pesta semakin nampak karena ada hiburan yang disajikan. Bahkan ada bedug yang akan dipukul saat waktu berbuka.

Lantas berapa yang harus kita bayarkan untuk bisa menikmati semua kemeriahan dan lezatnya sajian menu ini? Normalnya dikenakan Rp335.000 per orang, tapi ada tips biar bisa lebih hemat yakni pesan selagi promo pada awal bulan puasa. Karena biayanya jadi Rp288.000 saja. Untuk anak usia 0 – 6 tahun, tidak dikenakan biaya. Sementara anak usia 6 – 12 tahun, cukup 50% dari harga normal orang dewasa.

Asyiknya lagi, di Sutasoma Hotel ada promo menarik selama Ramadan. Mulai dari Rp950.000 nett per malam, sudah bisa menikmati staycation di Sutasoma Hotel lengkap dengan sahur dan sajian berbuka. Untuk sahur pun bisa diantarkan ke kamar ya. Ajib sih ini.

Buatku pribadi DUGDERAN sukses menampilkan kemeriahan dan keceriaan. Seolah mewakili kita semua yang gembira menyambut Ramadan, terlebih dalam situasi yang semakin dekat dengan kondisi normal sebelum pandemi. Konsep pesta rakyat yang diharapkan semua tamu bisa guyub, berkumpul, dan saling silaturahim pun ide brilian. Pun bila kita ingin lebih privasi, semisal ingin berbuka bersama kolega atau rekan di departemen, bisa dilakukan dengan memblok / booking area tertentu. Memang tidak ada private room, tapi rasanya cukup kok. Toh kemeriahan DUGDERAN ini benar-benar satu pengalaman yang aku rekomendasikan untuk dicoba minimal sekali selama bulan puasa.

Jadi siap untuk DUGDERAN?

SUTASOMA Hotel & THE TRIBRATA

At Complex The Tribrata Darmawangsa Jakarta

Jalan Darmawangsa Raya, Kebayoran Baru, Jakarta Selayan 12160

WA : +62 822 9920 5359 (Janter)

Telepon : +62 21 520 3159 ext 139

Instagram : @sutasomahotel

Leave a Reply

Your email address will not be published.

%d bloggers like this: