Dafam Fortuna Malioboro, Kenyamanan yang Cantik Dipandang

Bila kamu menganggap Yogyakarta adalah kota dengan sejuta kisah dan kenangan, buatku pun sama. Daerah Istimewa ini memang senantiasa punya cerita di tiap sudutnya. Pelbagai kenangan seperti terukir di masing-masing jalannya.

Termasuk di Malioboro, yang kini sudah semakin rapi dan tertata. Area pedestrian yang bebas dari pedagang. Pepohonan rindang yang satu dua berdiri di tepi jalan. Pun toko baju, makanan, hingga oleh-oleh yang berjejeran hingga ujung jalan, senantiasa menarik wisatawan. Tidak heran kalau di sekitar sini makin banyak pilihan akomodasi untuk bermalam. Mulai dari guest house, losmen, penginapan, hostel, sampai hotel berbintang pun ada.

Bila kamu mencari hotel tidak jauh dari Malioboro, rate affordable, punya kolam renang, dan interiornya cantik, aku punya satu jawaban. Dafam Fortuna Malioboro Yogyakarta.

Sekilas Pandang

Lokasinya tidak tepat di Jalan Malioboro, tetapi berada di Jalan Dagen. Tepatnya Jalan Dagen no. 60, Yogyakarta. Bila berjalan kaki dari Stasiun Tugu atau kawasan Malioboro, Dafam Fortuna Malioboro bisa dicapai hanya dalam waktu 5 – 10 menit saja.

Bangunannya memang nampak sederhana tapi cantik di mata. Dengan dominan warna coklat, terasa manis dilihat. Area parkir tidak terlalu luas. Namun sebagaimana hotel di kawasan Malioboro lainnya, Dafam Fortuna Malioboro pun tetap sering menerima tamu rombongan dengan bus wisata.

Memasuki area lobby, aku disambut hangat senyuman manis petugas resepsionis. Ah, manisnya senyuman tentu hanya dalam bayangan. Karena semua staf hotel menerapkan protokol kesehatan. Tapi dari garis mata dan kalimat sapaannya, aku tahu senyuman itu ada di sana.

Proses check in singkat saja, dan di dekat resepsionis ada welcome drink yang saat itu disajikan adalah wedang secang dingin dan infused water. Sudah cukup menyegarkan buatku yang saat itu memang kehausan. Maklum, meski hanya 5 – 10 menit berjalan, tetapi aku membawa banyak perlengkapan.

Sembari menunggu kunci kamar disiapkan, aku melihat area lobby barang sejenak. Satu kata yang langsung ku ucap, “Cantik.” Aku rasa, kamu pun akan mengatakan hal yang sama. Di area lobby terdapat lounge dan bar kecil di tepian. Banyak tempat duduk berwarna biru yang nyaman. Aku lihat pula ada beberapa sepeda disandarkan, ternyata memang untuk tamu disediakan. Dengan sistem sewa tentunya, kita bisa bersepeda menikmati suasana Malioboro Yogyakarta.

Selagi asyik melihat-lihat lobby, ternyata kunci kamarku sudah siap sedari tadi. Malam ini aku akan menginap di kamar tipe Deluxe. Seperti apa kamarku di Dafam Fortuna Malioboro? Yuk kita lanjut.

Kamar

“Klik”

Kamar tipe Deluxe dengan luas 18 m² menjadi rumahku untuk malam ini. Penataannya apik yang menjadikannya nampak cantik. Di sudut kamar terdapat kursi dan meja kayu. Begitu aku dekati ternyata sudah disiapkan sambutan hangat spesial untuk ku. Duh, terharu.

Terdapat fasilitas standar hotel bintang 3 di kamar ini. Mulai dari tempat tidur double bed dengan 4 bantal yang empuk, lalu teko pemanas air dengan pilihan kopi dan teh, safety box, tempat menyimpan tas/pakaian, telepon, hingga sandal hotel pun disediakan. Tidak ada kulkas kecil, memang. Fasilitas tersebut nampak baru ada di kamar tipe Executive dan Fortuna Suite.

Kamar mandinya tidak luas, tetapi masih bisa membuatku bergerak bebas. Air panas mengalir tanpa kendala. Hanya disayangkan, keran untuk pancuran sudah kendur. Sehingga sedikit perlu trik agar bisa mendapati debit dan suhu yang sesuai keinginan. Pun arah pancuran sulit untuk aku sesuaikan. Saat aku masuk, air dari shower mengarah ke dinding. Jadi sedikit mengurangi kenyamanan saat aku mandi. Bukan masalah besar buatku, tapi menjadi sedikit masukan saja dariku.

Toiletries termasuk lengkap tersedia. Mulai dari shampoo, shower gel, sikat gigi, sampai shower cap pun ada. Dikemas dengan kotak khas hotel Dafam. Hal yang kadang tidak aku temukan di hotel bintang tiga.

Oh iya, di kamar kita dihibur oleh TV kabel dengan saluran lokal dan internasional. Pun terdapat internet nirkabel (wifi) dengan kecepatan masih standar. Yah dua hal ini sudah cukup bagiku, karena sinyal operator selulerku di sini cukup baik. Jadi bisa menggunakan layanan 4G dengan stabil.

Fasilitas dan Aktivitas

Sebagai hotel bintang tiga, untuk fasilitas, Dafam Fortuna Malioboro termasuk memanjakan. Di lantai paling atas, rooftop, terdapat Lotus Sky Lounge dan kolam renang. Aku suka banget dengan rooftop Dafam Fortuna Malioboro yang nampak cantik saat malam hari. Bersantai di sini pada sore atau malam, sembari menikmati minuman dan cemilan, tentu menyenangkan. Kolam renang sendiri bisa digunakan mulai dari pukul 6 pagi hingga pukul 6 sore hari.

Kalau kamu masih ingat bagian lobby, nah di sini terdapat Lemongrass Lounge yang nyaman untuk bersantai atau berbincang. Di sini kita dapat memesan aneka cocktail, cemilan, hingga dessert. Saat di sini, dan di Dafam Fortuna Malioboro secara keseluruhan, pastikan memori kamera/gadget selalu tersedia. Karena aku pastikan banyak spot yang membuatmu ingin mengabadikannya.

Di Dafam Fortuna Malioboro juga terdapat 3 meeting room (Chrysant, Jasmine, Lotus) yang bisa digunakan untuk event 50 sampai 60 orang. Bila ingin mengadakan acara dengan lebih banyak orang, ketiga meeting room ini dapat disatukan menjadi hall (Lotus Hall) yang bisa mengakomodasi sampai 160 tamu dengan nyaman.

Terakhir, di Dafam Fortuna Malioboro turut menyediakan jasa pijat dan spa yang bisa digunakan untuk menyegarkan kembali badan yang sudah lelah. Dengan biaya yang affordable, tentunya.

Canting Restaurant

Satu lagi tempat favoritku saat di Dafam Fortuna Malioboro adalah Canting Restaurant. Lokasinya di lantai lobby, dan penataannya begitu cantik menarik hati. Canting Restaurant menyediakan makan pagi, siang, dan malam. Turut menyediakan pula layanan kamar (room service).

Saat restoran sepi, langsung aku gunakan kesempatan untuk berfoto sesuka hati. Iya, Canting Restaurant ini memang terlalu sayang untuk dilewatkan bila kita tidak sempat berfoto di sana.

Di Canting Restaurant pula tamu akan disuguhkan menu sarapan dengan konsep prasmanan. Pilihan menunya, termasuk banyak untuk hotel bintang tiga. Pun aku salut dengan kesigapan staf mengisi kembali menu yang sudah nampak mulai habis. Karena sampai pukul 10 pagi aku mendapati kesemua menu sarapan masih tersedia. Iya, aku memang sering terlambat untuk turun sarapan. Jadi aku senang saat turun, ternyata di Canting Restaurant pilihannya masih lengkap sebagaimana awal. Keren!

Jadinya …

Rasanya ya aku sampai pada satu kesimpulan terkait Dafam Fortuna Malioboro Yogyakarta. Hotel ini cantik di tiap sudutnya. Iya, menginap di sini begitu terasa memanjakan mata. Rasa-rasanya ingin berfoto sampai habis baterai gadget/kamera.

Tetap ada beberapa catatan yang bisa ditingkatkan. Namun hal tersebut tidak mengurangi kenyamanan secara keseluruhan. Apalagi menginap di Dafam Fortuna Malioboro Yogyakarta ini tidak membuatku merogoh kocek sampai dalam.

Tentu kembali lagi ke kita sebagai tamu yang hendak menginap. Apakah akomodasi ini sesuai dengan kriteria yang kita perlukan? Jika mencari kamar yang nyaman dan lokasi masih dekat dari Malioboro, instagramable, pilihan menu sarapan yang sangat beragam, biayanya tidak menguras anggaran, dan ingin ada kolam renang, Dafam Fortuna Malioboro bisa menjadi pilihan.

Jadi, bagaimana menurutmu? Kalau aku sih, Dafam Fortuna Malioboro sudah bisa aku rekomendasikan.

Hotel Dafam Fortuna Malioboro Yogyakarta

Jalan Dagen no. 60 Malioboro Yogyakarta 55271

WA : +62 811 2555 078

T : +62 274 6429 888

E : info@dafam-fortunamalioboro.com

Leave a Reply

Your email address will not be published.

%d bloggers like this: