Liburan Singkat ke Bogor, Kota dengan Sejuta Pesona dan Ragam Wisata.

Namanya kerja, kadang menemukan titik jenuhnya. Butuh banget kan ya dengan namanya liburan? Meski kalau dipikir secara waktu, Sabtu – Minggu terasa singkat. Seperti gak adil, Sabtu – Minggu ke Senin hanya berjarak sehari sementara Senin ke Sabtu rasanya lama sekali.

Pernah terpikir dengan liburan singkat? Tujuannya tentu harus kita cari yang tidak terlalu jauh, tapi ya jangan dekat-dekat. Biar terasa liburannya. Kalau aku usul ke Bogor, kamu setuju kan?

Mengapa Bogor?

Akses ke Bogor itu mudahnya kebangetan. Kalau naik kendaraan pribadi, tinggal masuk tol Jagorawi. Kisaran 30 – 45 menit, sampai deh di GT Bogor. Opsi kendaraan umum juga banyak, misalnya bus dari terminal Kp. Rambutan ke terminal Baranangsiang Bogor. Atau berwisata naik Commuterline? Ada juga yang langsung menuju stasiun Bogor.

Commuter Line ke Bogor

GT Bogor dari tol Jagorawi

Akses transportasi yang mudah, menyebabkan Bogor menjadi tujuan wisata primadona nih. Belum lagi udara yang sejuk dan pelbagai pilihan wisata yang bisa kita pilih saat liburan singkat di kota Bogor.

Eh tapi, mau ngapain aja nih di Bogor?

Wisata Kuliner

Kota Bogor termasuk yang kaya akan pilihan wisata kulinernya, mulai dari Soto Mie, Soto Kuning, Laksa, sampai Asinan yang sudah menjadi ciri khasnya. Pelbagai spot di kota Bogor yang cocok untuk berburu aneka kuliner juga banyak, seperti kawasan Pecinan di jalan Suryakencana.

Salah satu street food yang melegenda 📸 : IG @jakartafoodvlogger

Nah kalau ini, martabak yang melegenda. 📸 : IG @mariadede8

Nah di jalan Suryakencana ini, sudah terkenal banget untuk wisata kuliner. Lokasi yang dekat Tugu Kujang dan pintu masuk Kebun Raya Bogor, tentu memudahkan wisatawan mengenalinya. “Street food” di sini sudah melegenda kelezatannya, apalagi dari segi harga pun tak memberatkan.

Salah satu yang terkenal adalah Soto Kuning Pak Yusup, yang antrean kalau mau belinya sudah seperti antre mau dapat sembako. Ramai banget! Seolah sudah menjadi gambaran betapa lezat dan enaknya Soto Kuning Pak Yusup ini. Eh iya, ada pula Soto Kuning pak Yusuf, pakai huruf ‘f’. Keduanya sih bagi aku, layak dicoba. Masing-masing mempunyai nilai lebih dan khas tersendiri. Meski aku pertamanya mencoba yang Pak Yusup hehehe.

📸 : IG @andrewkosasih

Atau ada pula Martabak Encek yang merupakan salah satu martabak legendaris di kota Bogor. Martabak ini sudah dijual sejak si penjual masih lajang, dari harganya yang masih hanya Rp250 per loyang. Cara pengolahannya juga selalu sama, menggunakan arang bukan kompor gas sebagaimana pada umumnya. Tekstur martabak Encek ini pun masih lembut, meski baru dimakan pada keesokan harinya. Oh iya, Martabak Encek baru buka pukul 14.00 ya. Hebatnya, suka sudah habis pada saat langit belum gelap. Duh, jadi tertarik banget kan mau antre mencoba? Segera yuk kulineran ke Bogor di jalan Suryakencana

Pakai arang loh masaknya. 📸 : IG @iwanpm

Layak dicoba! 📸 : @iwanpm

Wisata Budaya

Sebagai kota yang sudah berdiri sejak 1482, tentu selain kaya akan kuliner kota Bogor juga memiliki kekayaan budaya dan sejarah. Nah dua hal ini memang bisa banget kita eksplor saat berlibur ke kota Bogor. Mengenal budaya yang membuat kita semakin cinta akan Indonesia, ditambah bangunan lama yang unik dan cantik tentu mengundang banget untuk menjadi tempat foto-foto.

Banyak bangunan lama yang masih dipertahankan. 📸 : Kompas Travel

Beberapa tempat pilihan untuk wisata budaya di kota Bogor; Museum Zoologi, Museum Perjuangan, Museum PETA, Kebun Raya Bogor, sampai Istana Bogor adalah sedikit diantaranya. Sedikit? Iya, karena kota Bogor tercatat memiliki 487 bangunan cagar budaya. Makanya jangan heran kalau sepanjang kamu berlibur di kota Bogor, mudah menemukan bangunan lama yang cantik dan unik. Pastinya, siapkan kamera.

Kalau yang terkenal banget sih jelas Kebun Raya Bogor dan Istana Bogor. Pada awalnya Kebun Raya Bogor memang masih merupakan bagian dari Istana Bogor, namun sudah dilepas dari naungan istana sejak tahun 1800-an. Wuih, sudah lama ya berdirinya? Jelas dong, karena Istana Bogor sendiri sudah mulai dibangun sejak abad ke-18. Sehingga nuansa klasik dan historis akan sangat banyak didapatkan kalau kamu berwisata ke sini. Apalagi bisa menikmati sejuk pepohonan, plus bernarsis dengan latar hijaunya pohon atau megah cantiknya Istana.

Cantik, asri, dan megahnya Istana Bogor. 📸: IG @do_rere_mi

Wisata Belanja

Nah ini dia nih yang ditunggu, wisata lainnya yang bisa kamu lakukan saat ke Bogor adalah wisata belanja. Yak, para suami langsung memegang tangan isteri agar tidak wara-wiri hehehe. Jadi kemana saja sih tempat untuk wisata belanja di kota Bogor?

Ke Bogor pun bisa puas berbelanja

Banyak banget! Beberapa diantaranya ada Botani Square, yang merupakan mall paling bergengsi di kota Bogor, lalu ada juga Plaza Jambu Dua yang masih berdekatan. Tidak jauh dari Botani Square juga masih ada Bogor Trade Mall yang sekilas mirip-mirip dengan Plaza Jambu Dua. Ada juga SKI Tajur untuk belanja tas sekaligus menemani anak bermain. Harga tas di sini cukup miring loh, ditambah karena ada wahana bermain jadi anak-anak tentu bisa tertarik.

Kalau aku sih, ke Botani Square sudah lebih dari cukup. Karena selain belanja, jadi bisa menikmati kuliner juga di beberapa cafe yang unik dan lucu. Apalagi Botani Square sudah termasuk lengkap untuk mencari segala yang ingin kita beli. Tempatnya juga nyaman dan asri.

Botani Square! Tempat wisata belanja favorit aku. 😍

Masih belum cukup dengan ketiga wisata tadi? Ada banyak kegiatan lain yang kekinian seperti CFD Bogor atau wisata alam di Kebun Raya. Kalau melebar ke kabupaten Bogor, bisa juga ke Jungleland, Taman Bunga Nusantara, Gunung Pancar, sampai pragliding di Puncak.

Banyak kan ya? Banyak banget malahan pilihan kegiatan yang bisa kita lakukan kalau ke kota Bogor. Hanya satu jam perjalanan dari Jakarta loh padahal, tapi sudah terasa banget liburannya.

Akomodasi

Namanya liburan tentu jangan sampai membuat kita terlalu lelah. Kan repot kalau mengganggu pekerjaan kita saat sudah masuk kembali nanti. Lagipula di Bogor banyak banget pilihan akomodasi yang cocok untuk liburan singkat kita. Salah satunya yang aku rekomendasikan, Hotel Santika Bogor tentunya.

Mengapa aku rekomendasikan? Karena berangkat dari pengalaman aku sendiri. Mulai dari pemesanan, pelayanan, fasilitas, lokasi, sampai saat kita check out pun rasanya diperhatikan banget. Terasa akan hospitality yang merepresentasikan Indonesia.

Hotel Santika Bogor

Seperti saat ke Bogor, untuk memesan kamar aku tidak perlu bingung sama sekali. Cukup kunjungi santika.com dan tinggal memilih akomodasi yang sesuai. Asyiknya reservasi lewat santika.com, pembayaran bisa dilakukan di hotel loh. Apalagi rate yang ditampilkan adalah rate terbaik dan tanpa ada biaya tambahan apapun.

Hotel Santika Bogor sendiri berlokasi di Botani Square, ingat kan dengan bahasan di atas tadi? Dari Hotel Santika Bogor, mudah banget mau wisata kuliner di kawasan Pecinan jalan Suryakencana (hanya 3 menit), wisata budaya ke pelbagai museum dan Kebun Raya, atau wisata belanja di Botani Square tentunya.

Karena lokasinya yang dekat dengan pelbagai tujuan wisata di Bogor, wajar Hotel Santika Bogor menjadi pilihan aku bukan? Aku jadi bisa menghemat waktu, tenaga, biaya, plus bisa semakin banyak tempat dan aktivitas wisata yang bisa aku kunjungi.

Kamar-kamarnya Hotel Santika Bogor

Namanya berwisata, tentu seringnya bersama keluarga dong. Kamar-kamar di Hotel Santika Bogor yang totalnya 153 kamar ini, cocok banget untuk jadi rumah kedua bersama keluarga bila kita bermain ke Bogor. Kamarnya nyaman dengan AC, dilengkapi hiburan TV kabel, dan luas kamar yang bisa membuat aku leluasa dalam bergerak. Tidak perlu sempit-sempitan. Tipe kamar di Hotel Santika Bogor pun bisa kita pesan sesuai kebutuhan. Mulai dari Superior, Deluxe, Executive, sampai Suite.

Kamar di tipe superior

Kamar tipe deluxe

Buat aku sih, di kamar tipe Superior pun sudah lebih dari cukup. Soalnya sudah nyaman dan bikin betah. Rasanya pegal dan lelah di wisata seharian tadi, hilang tak berbekas. Kan memang asyiknya kalau usai lelah perjalanan, kita mandi air panas lalu menghempaskan diri ke tempat tidur deh. Leyeh-leyeh menikmati secangkir kopi dari kopi yang tersedia di kamar, sembari menonton aneka channel di TV yang layarnya memanjakan atau streaming menggunakan akses wifi yang gratis disediakan. Kecepatannya pun oke punya loh!

Aktivitas dan Fasilitas

Hayo siapa yang kalau bermalam di hotel senangnya di kamar saja? Aku sih termasuk yang demikian. Apalagi kamarnya senyaman kamar di Hotel Santika Bogor. Siapa sih yang gak betah? Namun tentu sudah dikenal juga kalau hotel Santika itu dikenal besar dan banyak fasilitasnya. Sayang juga kan kalau tidak kita nikmati? Apalagi selaku tamu, kita bisa menggunakan fasilitas hotel yang ada. Apa saja sih?

Pool Hotel Santika Bogor yang pemandangannya super kece 😍

Salah satu fasilitas unggulan yang pasti disukai adalah kolam renang. Mulai dari anak-anak sampai orang dewasa, rasanya sumringah banget kalau menemukan fasilitas kolam renang di hotel. Nah, Hotel Santika Bogor mempunyai kolam renang yang memadai banget. Pemandangan yang memanjakan juga bisa kita temukan dari area kolam renang. Pesan aku sih selalu sama, siapkan kamera atau gadget untuk foto-foto hehehe.

Fasilitas lainnya? Ada spa, meeting room, lounge, sampai business center. Jadi sebenarnya, selain untuk liburan, Hotel Santika Bogor ini cocok juga untuk agenda bisnis dan pekerjaan kita. Wah jadi kepikiran nih untuk selanjutnya mengajak liburan tapi tetap melanjutkan pekerjaan. Setidaknya bonus-bonus bisa didapat kan kalau pekerjaan melebihi target hehehe.

Meeting room yang sangat memadai

Aktivitas lainnya? Bisa puas berfoto-foto di sini. Selain itu bisa juga kembali berbelanja ke Botani Square yang dekat banget. Kan masih satu area. Satu lagi yang aku ingatkan, aku merekomendasikan Hotel Santika Bogor karena lokasinya yang sesuai untuk semua tujuan wisata kita ke kota Bogor. Mau wisata kuliner, budaya, sampai wisata belanja, super dekat dan mudah kalau dari Hotel Santika Bogor.

Eidelweiss Restaurant

Satu hal lain yang aku perhatikan kalau bermalam di hotel adalah menu yang tersaji. Baik itu menu ala carte di layanan kamar atau menu sarapan untuk tamu. Tentu kondisi dan nuansa restoran juga menjadi hal yang aku pertimbangkan. Kesemuanya, aku temukan baik dan oke banget di Hotel Santika Bogor.

Eidelweiss yang nyaman dan elegan

Mulai dari restoran yang nyaman, menu-menu yang jempolan, sampai keramahan staf yang senantiasa aku rasakan. Sigap banget saat melihat tamu memerlukan bantuan. Restorannya juga elegan, membuat aku nyaman duduk berlama-lama selagi sarapan pagi. Apalagi menu yang tersaji pilihannya banyak banget.

Menu ala carte pun tidak kalah menariknya, semuanya hadir seolah sempurna demi memanjakan tamu-tamunya. Menu barat, menu Asia, atau menu lokal khas Bogor dan nusantara pun tersedia. Jadi mau wisata kuliner di Hotel Santika Bogor pun sebenarnya bisa hehehe.

Menu ala carte Eidelweiss Restaurant

Siap Pulang dengan Senyuman

Sudah puas jalan-jalan liburan, ditambah akomodasi yang memudahkan sejak pemesanan, apalagi kenyamanan dan fasilitas yang memanjakan, tentu membuat setiap tamu pulang dengan senyuman. Termasuk aku, saat check out pun kita masih mendapatkan keramahan. Kehangatan inilah yang membuat aku selalu senang dengan hotel-hotelnya Santika grup. Terasa banget nuansa ramah orang Indonesianya. Kita juga kan jadi bangga kalau tamu dari luar negeri terlihat puas dengan pelayanan di Santika.

Loh tahu dari mana? Di santika.com, selain untuk pemesanan yang mudah, ada juga loh ulasan tamu-tamunya. Kita jadi tahu kan, bagaimana penilaian tamu lain terhadap properti-propertinya Santika. Termasuk Hotel Santika Bogor ini tentunya.

Sudah siap pulang dan kembali ke rutinitas usai liburan singkat? Jadi semakin semangat kan kerjanya kalau liburannya sukses dengan ceria, plus tidak merasa lelah akibat jarak dan akomodasi yang kurang sesuai.

Gimana gak senyum kalau dapat senyuman seperti ini? 📸 : santikahotels

Psst, Selain Santika Ada Lagi Nih…

Selain Hotel Santika Bogor, ada juga beberapa properti grup Santika yang aku rekomendasikan di kota Bogor. Mengapa direkomendasikan? Karena nilai-nilai dan standar grup Santika Hotel tetap terasa banget dan seperti aku bilang, Santika Hotel itu Indonesia banget.

Simpel tapi tetap mengedepankan kenyamanan 😉

Ada dua properti yang bisa kita pilih, keduanya memakai nama atau brand Amaris. Dimana lebih mengedepankan tamu yang butuh akomodasi yang simpel tapi tetap memberikan kenyamanan. Selain itu, lokasi-lokasinya juga memudahkan tamu melanjutkan aktivitasnya. Apa saja itu? Ada Amaris Pakuan Bogor dan Amaris Padjajaran Bogor.

Amaris Pakuan Bogor berlokasi di jalan Pakuan Indah no. 2, Baranangsiang Bogor. Tepatnya di seberang Masjid Raya Bogor. Masih dekat pula dengan pelbagai destinasi wisata yang aku bahas sebelumnya. Mau wisata kuliner ke Suryakencana, wisata budaya ke Kebun Raya dan Istana, atau wisata belanja ke Botani Square serta sekitarnya. Di sebelah Amaris Pakuan Bogor juga ada supermarket, sehingga memudahkan bila kita ingin berbelanja kebutuhan harian. Di belakangnya, terdapat cafe-cafe yang bisa kita jadikan opsi untuk tempat nongkrong atau kulineran.

Amaris Pakuan Bogor

Nah kalau Amaris Padjajaran Bogor berlokasi di jalan Padjajaran no. 25 Bogor. Tepatnya nerada di seberang Kebun Raya Bogor, dekat Botani Square. Tidak jauh pula dari Hotel Santika Bogor yang kita bahas sebelumnya. Artinya, berwisata ke tiga destinasi tadi pun sama mudahnya. Apalagi di Amaris Padjajaran Bogor terdapat rental sepeda loh. Lumayan asyik kan keliling Bogor yang sejuk menggunakan sepeda?

Amaris Padjajaran Bogor

Tetap elegan 😍

Kedua brand Amaris ini sama nyamannya, sama terjangkaunya, dan sama direkomendasikannya. Tinggal disesuaikan saja dengan tujuan wisata, mana yang ingin lebih kita eksplor? Atau mau lebih puas dan nyaman bersama keluarga, tentu Hotel Santika Bogor menjadi pilihan pertama.

Nah jadi kapan mau liburan ke kota Bogor?

Hotel Santika Bogor
Botani Square, Jalan Raya Padjadjaran Bogor 16127
T : +62 251 8400 707
E : reservation@bogor.santika.com

Amaris Pakuan Bogor
Jalan Pakuan Indah no. 2 Baranangsiang Bogor 16143
T : +62 251 756 1000
E : bogor.pakuan@amarishotel.com

Amaris Padjajaran Bogor
Jalan Raya Padjajaran no. 25 Bogor 16129
T : +62 251 831 2200
E : bogor.padjajaran@amarishotel.com

2 Comments
  1. March 23, 2018
    • March 24, 2018

Leave a Reply to Hotelopedia Cancel reply

Your email address will not be published.

%d bloggers like this: