Sunlake Hotel, Staycation Lengkap Di Sunter Jakarta

Pernah bosan dengan rutinitas yang begitu saja. Mau staycation, kadang bosan juga kalau hanya di kamar. Seperti hanya berpindah tempat kita rebahan. Kalau bisa sih, mau menginap di hotel yang ada kolam renang, cocok buat keluarga, pemandangannya oke, dan murah rate-nya. Hmm, banyak maunya ya. Tapi memang ada?

Ternyata aku ketemu satu hotel yang per malamnya gak sampai Rp500ribuan, tapi punya semua yang aku incar. Ada kolam renang, gym, pemandangan keren, bahkan hotelnya ini punya lapangan tenis dan bisa sepedaan juga. Namanya Sunlake Hotel yang berlokasi tepat di pinggiran Danau Sunter. Jadi aku bisa menginap di kamar yang pemandangannya ke danau nih ya. Seperti bukan di Jakarta saja.

Nah daripada kelamaan, langsung saja yuk kita ke hotelnya. Biar gak penasaran, seperti apa sih Sunlake Hotel yang per malamnya gak sampai Rp500ribuan.

Sekilas Pandang

Berada di Sunlake Hotel membuatku seperti kembali ke tahun 1990an. Nuansanya persis seperti hotel mewah di sinetron-sinetron yang dulu aku tonton semasa kecil. Sunlake Hotel memang dibuka sejak tahun 1995. Memiliki 8 lantai dengan bangunan yang termasuk besar, Sunlake Hotel tetap menunjukkan kemegahannya.

Area parkir tentu luas. Hal yang sulit dikalahkan oleh hotel-hotel baru, adalah luasnya lahan. Nah lahan yang luas ini tentu memiliki imbas ke lengkapnya fasilitas termasuk area parkir yang memadai. Protokol kesehatan juga diterapkan. Saat memasuki gerbang parkir, kami dicek suhu terlebih dahulu. Pun saat memasuki area lobby hotel.

Sebagaimana hotel tahun 90an, lobby luas dengan langit-langit tinggi menjadi hal yang pertama menyapa. Meski sudah berusia, kesan mewah masih bisa terasa. Mengingat alokasi dana pembangunan hotel ini mencapai 70 miliar rupiah pada tahun itu, atau senilai 600 miliar lebih jika dikonversikan dengan nilai uang sekarang, rasanya wajar bila kemewahan masih bisa melekat. Padahal rate bermalamnya aku dapati hanya Rp470ribuan termasuk sarapan untuk 2 orang. Amazing!

Check In

Aku datang sudah lewat pukul 4 sore jadi di lobby tidak banyak orang antre untuk check in. Kalau pun harus antre, tersedia banyak sofa empuk yang nyaman untuk menjadi tempat menunggu.

Langsung aku datangi petugas resepsionis, mereka menanyakan maksud kedatanganku. Begitu aku sampaikan ingin check in dan sudah reservasi melalui salah satu OTA, mereka langsung sigap mengecek pemesanan. Tidak sampai 5 menit, dan tidak diminta deposit, dua kartu kunci kamar aku dapatkan. Iya, kuncinya dapat dua. Seneng banget deh aku.

Mendapat kamar 608 yang merupakan tipe deluxe, kita langsung ke lantai 6 saja ya. Biar kenalan juga dengan kamar yang per malamnya aku dapati hanya Rp470ribuan saja.

Kamar

Untuk mencapai lantai kamar, kita memerlukan kartu kunci kamar sebagai akses lift. Makanya aku senang begitu dikasih 2 kartu secara langsung. Jadi aku lebih bisa leluasa meninggalkan kamar tanpa perlu mencabut kartu di dalam. Pun kalau pergi dengan teman atau pasangan, mendapat 2 kartu menjadi keuntungan tersendiri, kan?

“Cklek”

“Krieeet”

Suara khas pintu kayu dibuka, dan langsung aku terpana dengan kamar seluas 54 meter persegi ini. Kamarnya, luas banget! Setara dengan tipe eksekutif atau junior suite di hotel bintang 3 dan 4. Padahal ini tipe yang paling standar di Sunlake Hotel.

Lantainya dilapisi karpet, satu sisi menjadi positif karena kesan hangat. Namun sisi lain, kebersihan benar-benar harus diperhatikan agar tidak ada debu tersisa di karpet. Sejauh ini sih, menurutku aman. Kalau pun ada yang buatku merasa kurang nyaman, aroma yang aku cium saat pertama masuk terasa kurang enak. Tapi saat aku buka jendela agar udara berganti masuk, aroma tadi hilang.

Oh iya, kita lihat-lihat dulu fasilitas kamarnya. Selain tempat tidur besar, ada sofa serta meja di area tengah kamar, lalu ada sofa lagi di dekat jendela atau pintu menuju balkon, ada 1 kursi kayu, TV dengan saluran kabel, pembuat teh dan kopi, kulkas kecil, lemari kayu, safety box, sampai meja setrikaan. Kulkas kecilnya pun dingin, bukan sekadar dingin-dinginan.

Aku sudah bilang kalau di kamar ini ada balkon pribadi? Nah ada balkon yang menawarkan pemandangan ke danau Sunter. Ini hal yang gak aku dapati di hotel kebanyakan. Dari segi fasilitas kamar dan luasnya, aku suka banget.

Lanjut melihat kamar mandinya. Berkonsep standing shower yang dipisahkan sekat kaca, jadi keringnya lantai keseluruhan kamar mandi tetap terjaga. Aku suka banget dengan interiornya. Simpel tapi elegan. Tidak memaksakan diri tampil mewah. Cukup sederhana tapi tetap menunjukkan kelasnya. Amenities yang disediakan juga lengkap, bahkan sampai ada pisau silet cukur. Pun tersedia pengering rambut yang sudah nemplok di dinding kamar mandi.

Urusan air panas, sama sekali tidak ada kendala. Suhu airnya pas, tidak kelewat panas dan stabil. Jadi tidak ada cerita kita lagi mandi, tahu-tahu air menjadi dingin atau menjadi sangat panas. Mandi di sini terasa asyik dan nyaman. Handuknya pun tebal, serta masih bagus. Biasanya kan, hotel yang baru 3 – 4 tahun saja, banyak yang handuk di kamar sudah kusam atau robek sana – sini. Nah di Sunlake Hotel ini terjaga banget sih. Aku suka!

Fasilitas dan Aktivitas

Kalau dari segi kamar, aku suka sih. Meski kesan old fashion terasa banget, tapi sudah memenuhi apa yang aku cari. Kalau di kamar saja sih, pasti terasa bosan. Apalagi saluran di TV kabel dalam kamar, banyak yang tidak tersedia. Pun jaringan internet wifi, sering terasa lemah sinyal bahkan hilang saat di kamar. Apalagi kalau di kamar mandi, yah jadi gagal deh streaming-an sambil rutinitas pagi.

Makanya kalau di Sunlake Hotel, lebih baik memaksimalkan fasilitas hotelnya. Karena memang hal ini yang jadi nilai lebih dari hotel bintang empat yang satu ini.

Aku sendiri mencoba kolam renang dan gym yang terletak berdekatan. Kolam renangnya luas, tersedia kolam anak. Handuk disediakan, selama kita menyebut nomor kamar kita. Mau bersantai di pinggir kolam renang juga bisa, banyak tempat duduk disediakan.

Nah untuk gym, jadi fasilitas yang paling sering aku pakai selama di Sunlake Hotel. Peralatannya lengkap, tempatnya nyaman, AC-nya menyala dengan baik, ada dispenser air minum, dan pastinya bisa digunakan secara gratis selama kita menginap di Sunlake Hotel. Area kolam renang dan gym, dibuka dari pukul 6 pagi sampai 9 malam. Makanya aku seneng banget ke sini sebelum sarapan dan sebelum tidur.

Di depan fasilitas gym, ada area bermain anak outdoor. Terdapat beberapa permainan yang biasa dimainkan oleh anak-anak. Di dalam hotel pun ada, letaknya di sebelum pintu ke kolam renang. Bisa dibilang Sunlake Hotel ini ramah anak dan hotel keluarga banget.

Nah tidak jauh dari fasilitas gym, terdapat juga dua lapangan tenis. Aku kurang tahu untuk perlengkapan tenisnya apakah bisa didapatkan gratis tamu selama menginap, atau ada biaya sewa, atau memang harus membawa sendiri. Soalnya aku memang tidak bermain tenis jadi aku ke lapangan tenis ini untuk foto-foto dan keperluan konten saja, lumayan kan hehehe.

Satu lagi fasilitas yang ada di dalam hotel adalah penyewaan sepeda untuk tamu. Dengan sepeda, lumayan kita jadi bisa keliling Sunter sembari berolahraga. Memanjakan juga kan buat goweser setia.

Selain itu, terdapat spa dan sauna yang semakin melengkapi untuk memanjakan kita sebagai tamu. Tentu ada biaya tersendiri ya kalau mau spa atau massage.

Kalau aktivitas di luar hotel, di sekitar danau Sunter banyak jajanan dengan pelbagai rentang harga. Pun kalau mau ke Kelapa Gading, cukup 10 menit berkendara. Oh iya, di Sunlake Hotel juga terdapat meeting room dan ballroom ya. Jadi tidak heran kalau hotel satu ini dilirik banget untuk agenda bisnis. Karena fasilitasnya memang memadai untuk pertemuan banyak orang. Apalagi area parkirnya luas juga kan.

Kuliner

Menginap di Sunlake Hotel memang lebih pas bila mengambil kamar dengan sarapan. Meski pilihan menu tidak sebanyak sebagaimana sebelum pandemi, tapi variasi dan rasanya masih layak diberi jempolan. Protokol kesehatan juga diterapkan. Tamu yang ingin sarapan diminta menggunakan sarung tangan plastik terlebih dahulu.

Dua malam aku menginap, dua pagi pula menu sarapan aku dapati banyak berbeda. Mengingat rate per malam yang tidak sampai Rp500ribu, sarapan di Sunlake Hotel sudah terasa menyenangkan dan mengenyangkan.

Selain sarapan di Sliver Spoon Restaurant, Sunlake Hotel juga mempunyai beberapa restoran lainnya. Ada Grand City Chinese Restaurant, Silla Korean Restaurant, Tirta Barista yang ada di kolam renang, dan Esquire Lounge di dekat lobby.

Jadinya ..

Beneran paket lengkap ditawarkan kalau kita bermalam di Sunlake Hotel. Bangunannya yang masih terasa megah, kamar yang luas, punya pemandangan Danau Sunter yang tidak dimiliki hotel lain menjadi nilai tersendiri.

Belum lagi fasilitasnya lengkap dan bukan sekadar ada. Dengan kata lain ya memang totalitas dalam membuat fasilitas. Kolam renangnya berukuran semi olympic, ada kolam anak, gym peralatannya lengkap, area bermain anak ada, sampai lapangan tenis pun tersedia.

Dengan rate bermalam tidak sampai Rp500ribu, buatku sih Sunlake Hotel cocok bagi mereka yang ingin staycation sejenak di Jakarta. Tidak perlu jauh-jauh, segala aktivitas yang bisa mengusir kepenatan dan kejenuhan bisa kita dapatkan.

Memang terasa old fashion, pun internet tidak kencang bahkan sinyal wifi di kamar pun kerap hilang, TV masih sebatas saluran kabel, tapi ya hal yang wajar mengingat rate bermalamnya. Saranku kalau menginap di sini, maksimalkan fasilitas hotel yang ada. Apalagi kalau akhir pekan, Sunlake Hotel menawarkan beragam aktivitas pilihan seperti kolam busa atau berkuda.

Itu pengalamanku di Sunlake Hotel. Kalau kamu, jadi ada rencana ingin menginap di sini juga kan?

Sunlake Hotel

JL. Danau Permai Raya Blok C1 Sunter 14350 Jakarta Indonesia

WA : +62 813 1912 7521

Email : booking@sunlakehotel.com

IG : @sunlakehotel

Leave a Reply

Your email address will not be published.

%d bloggers like this: